Android KitKat Tetap Populer, Froyo dan Gingerbread Hilang di 2016

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 18 Peb 2016 | 11:45

Taman Android

Data yang diungkap Google baru-baru ini menyebutkan Android KitKat masih populer di 2016 dengan lebih dari 35 persen mengalahkan Android Marshmallow yang baru mencapai 1 persen pengguna dunia saat ini.

Data terbaru ini memang menarik. Pasalnya selain Android KitKat terbilang sudah bukan merupakan sistem operasi yang terupdate, pasalnya Google memiliki dua sistem yang lebih update yakni sistem Android Lollipop dan sistem operasi Android Marshmallow. Awalnya, kedua sistem inilah yang akan mendominasi pasar, namun ternyata meleset dari perkiraan banyak pihak.

Google dengan sistem Android sejatinya telah menguasai 70 persen perangkat yang beredar di dunia. Disusul iOS dari Apple dan sistem operasi lainnya. Data terbaru ini didapat Google setelah melakukan survey selama 7 hadir diakhir Januari hingga 1 Februari kemarin.

Berikut data lebih lengkap dari pasar sistem Android di dunia.

  • 2.2 Froyo - 0.1%
  • 2.3 Gingerbread - 2.7%
  • 4.0 Ice Cream Sandwich - 2.5%
  • 4.1, 4.2, 4.3 Jelly Bean - 8.8, 11.7, 3.4%
  • 4.4 KitKat - 35.5%
  • 5.0, 5.1 Lollipop - 17, 17%
  • 6.0 Marshmallow - 1.2%
Baca juga Harga Smartphone Android Terbaru

Menurut data di atas, perangkat dengan sistem Android Froyo kemungkinan besar akan hilang pada pertengahan 2016 ini. Tidak hanya itu, sistem Gingerbread juga diperkirakan akan tergerus dengan Android di atasnya dan lenyap pada akhir tahun 2016.

Google sendiri tetap yakin bahwa Android Lollipop akan menjadi market leader ditemani sistem Android Marshmallow yang juga akan meningkat persentasenya di tahun ini. Sementara Android KitKat yang populer di awal tahun akan perlahan menurun penggunanya dipenghujung tahun 2016.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Google tampaknya harus bekerja keras. Google harus bisa membuat Android Marshmallow bisa nyaman digunakan di jajaran perangkat dengan layar 4 hingga 7 inci. Karena perangkat dengan ukuran inilah yang cukup mendominasi pasar. Tak hanya itu, Google juga perlu memperbaiki sistem Android agar maksimal digunakan di perangkat layar lebar lebih dari 7 inci. Pasalnya selama ini, beberapa aplikasi Android tidak maksimal digunakan di layar yang lebih lebar dari 7 inci. Tak heran iOS mendominasi pasar perangkat tablet.

Google juga harus mendorong produsen dan pengembang untuk menggunakan sistem Android Marshmallow. Sehingga makin banyak perangkat dan aplikasi Android Marshmallow. Selain itu, Google juga bisa mengembangkan program Nexus dan Android One lebih baik lagi agar sistem operasi Android makin berkuasa beberapa tahun kedepan. Bisa jadi Android KitKat masih Populer karena belum banyak perangkat yang menggunakan Android Lollipop dan Android Marshmallow. Maka Kita tunggu saja kiprah Google dan Android di tahun ini.

 
Baca juga artikel
5 Aktivitas di Smartphone Android yang Terus Dipantau oleh Google
5 Smartphone Android Terbaru RAM 3GB Kurang Dari Rp 3 Juta
5 Smartphone Android 4G LTE Harga di Bawah Sejuta

Artikel Lainnya

Komentar