Menghapus Aplikasi Facebook iOS Tingkatkan Daya Baterai iPhone

Oleh Aris Wibowo on Senin, 15 Peb 2016 | 15:48

Facebook iOS

Aplikasi resmi Facebook untuk Android kabarnya menyebabkan boros baterai. Hal ini ternyata tidak berbeda jauh dengan aplikasi Facebook iOS yang juga mengalami penurunan daya tahan baterai.

Menurut sebuah tes yang dilakukan koran ternama di Inggris, The Guardian, aplikasi facebook di iPhone ternyata tetap memakai daya baterai meski aplikasi tersebut sedang tidak digunakan. Bahkan ketika aplikasi resmi ini dihapus dan digantikan dengan membuka melalui browser terjadi peningkatan daya baterai hingga 15%. Hal ini tidak berbeda jauh dengan pengguna Android yang menghapus aplikasi facebook, ternyata mengalami peningkatan daya baterai hingga 20%. Hal ini membuat aplikasi facebook harus berbenah diri agar tidak ditinggalkan pengguna smartphone.

Aplikasi Facebook iOS dan Android memang terus diterpa isu boros baterai dan menjadi salah satu perdebatan diantara pengguna smartphone beberapa tahun ini. Kembali di tahun 2013 lalu, sebuah pengembang aplikasi menemukan bahwa aplikasi resmi ini sangat boros baterai di Apple iPhone. Kemudian, di akhir 2015, Facebook mengajak para pengguna smartphone untuk segera melakukan update aplikasi karena Facebook telah melakukan pembenahan masalah boros baterai ini.

Sayangnya, update yang dihadirkan kala itu tidak memecahkan masalah boros baterai yang disebabkan aplikasi Facebook. Tak heran, banyak pengguna iPhone yang khawatir akan baterai yang cepat habis gara-gara memasang aplikasi Facebook iOS ini segera menghapus aplikasi ini dari perangkat mereka.

Baca juga Tombol Dislike Batal, Facebook Rilis 6 Tombol Like Terbaru

Pasalnya, dengan menghapus aplikasi mobile ini dan membuka sosial media Facebook menggunakan browser seperti Safari, pengguna iPhone masih bisa merasakan fitur-fitur Facebook dan tentunya baterai iPhone yang lebih tahan lama.

Tak hanya baterai yang lebih lama setelah menghapus aplikasi resmi Facebook, pengguna iOS dan Android juga bisa mendapatkan memori internal yang lebih lega. Pasalnya, aplikasi ini membutuhkan lebih dari 100 MB ruang penyimpanan saat diinstal. Tak hanya itu, cache dan memori yang digunakan aplikasi ini cukup besar hingga ratusan MB. Ini tentu akan sangat membantu pengguna iPhone maupun smartphone Android dengan RAM kecil.

Kabarnya, Aplikasi Facebook iOS dan Android terus dikembangkan. Bahkan dalam update terbaru, diharapkan aplikasi resmi ini tidak boros baterai atau minimal memakan daya sebesar 5 % saja. Namun, selama belum ada update terbaru, menggunakan browser seperti Safari untuk membukan facebook menjadi solusi yang pas dan membuat perangkat iPhone milikmu bisa digunakan lebih lama.

 

Baca juga artikel
Cara Mematikan Fitur Autoplay Video di Facebook, Twitter, Instagram dan Browser
Adu Aplikasi Perpesanan: WhatsApp VS Facebook Messenger
Facebook Messenger Kini Hadirkan Stiker Berbayar

Artikel Lainnya

Komentar