3 Controller Terbaik Untuk PC Gaming Versi PcGamer

3 Controller Terbaik Untuk PC Gaming Versi PcGamer

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 18 Peb 2016 | 11:47

Mencari controller terbaik yang cocok digunakan bermain game di PC susah-susah gampang. Tak jarang gamer kecewa dengan controller yang mereka beli karena dinilai kurang nyaman ketika digunakan bermain game.

Menjawab hal tersebut, baru-baru ini laman PCgamer melakukan beberapa tes untuk mencari controller terbaik yang bisa digunakan di PC. Segi kenyamanan, mudah dioperasikan dan compatible untuk semua perangkat adalah yang di cari. Biar nggak penasaran, berikut hasilnya.

Playstation DualShock 4Playstation DualShock 4

Controller ini memang tidak dirancang secara khusus untuk pengguna PC, namun controller Playstation DualShock 4 menjadi salah satu yang cukup populer digunakan para gamer. Selain harganya yang terbilang terjangkau, joystick ini juga mudah dipasangkan.

Kalau melihat desainnya, perangkat ini memang terkesan minimalis dan tidak tangguh. Namun, kala digunakan baru tampak bahwa Sony menghadirkan sebuah perangkat untuk gaming terbaik saat ini. Desainnya memang tidak banyak perubahan dibanding seri sebelumnya. Sony masih menghadirkan D-pad dan tombol action yang sama hingga analog sticks. Tambahan dimensi yang pas digenggaman menjadikan controller ini semakin unggul dibanding produk lainnya.

Saat digunakan bermain game secara ekstrim, controller ini juga cukup responsif. Bahkan, tidak ada suara berisik dari tombol-tombol controller ini kala dimainkan. Tombolnya yang berdesain datar juga cukup nyaman ditekan. Ini berbeda dengan controller lain yang terkesan agak keras kala ditekan. Sayangnya, tombol yang dibalut bahan karet tersebut mudah rusak pada bagian analognya.

Tak hanya itu Playstation DualShock 4 ini juga memiliki software pengaturan yang baik. Sayangnya, Sony sedikit melakukan blunder dengan menempatkan tombol select dan start agak ke atas sehingga tampak aneh. Controller Playstation DualShock 4 bisa tersambung menggunakan Bluetooth.

Baca juga Mau Main Game PS3 di PC? Kamu Bisa Pakai Emulator RPCS3

Wired Xbox 360 ControllerWired Xbox 360 Controller

Kalau kamu mencari controller yang memiliki performa terbaik, tentu controller dari Xbox One dan Xbox 360 menjadi pilihan yang tidak boleh dilewatkan. Hadir dengan desain yang mengagumkan untuk sebuah controller, Xbox menghadirkan D-pad yang lebih lengkap.

Tombol yang lebih banyak dan lengkap ini menjadi andalan controller Xbox menjadi yang terbaik untuk PC gaming. Tombolnya bahkan cukup responsive dan nyaman digunakan. Kelemahan controller ini ialah masih menggunakan kabel USB. Namun baru-baru ini Xbox telah merilis versi wireless meski sedikit dijual lebih mahal. Walaupun demikian, kamu cukup plug and play berbeda dengan controller dari Sony yang butuh sedikit penyesuaian.

Xbox EliteXbox Elite

Sesuai namanya, controller Xbox Elite tampil elegan dan cantik. Desainnya dirancang untuk kenyamanan dan kekuatan kala bermain game. Bahkan bodi yang dihadirkan cukup kuat sehingga tidak akan mudah rusak bila controller terjatuh. Tak heran perangkat ini cukup berat dibanding controller pada umumnya.

Dimensi yang ditawarkan memang besar namun pas di tangan dengan tombol yang khas Xbox. Joystick ini bahkan cukup responsif kala digunakan bermain di game-game yang butuh kontrol cepat. Pengguna bahkan bisa mengatur tombol D-pad sesuai kebutuhan. Pantas bila controller dimasukan sebagai controller terbaik untuk PC Gaming.

 

Baca juga artikel
Logitech G810, Keyboard Gaming dengan Backlighting Unik
Mouse GIGABYTE Xtreme Gaming XM300 Diluncurkan ke Pasar
Tips Memaksimalkan Windows 10 Untuk Gaming

 

Artikel Lainnya

Komentar