Qualcomm Umumkan Chipset Baru Untuk Smartphone dan Smartwatch

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 18 Peb 2016 | 11:01

Qualcomm menjadi salah satu produsen chipset terbaik untuk perangkat mobile dan baru-baru ini tengah menghadirkan chipset dan prosesor baru yang dirancang untuk smartwatch dan smartphone.

Chipset terbaru ini diklaim memiliki kemampuan baterai yang lebih lama dan Qualcomm juga menghadirkan chip model super cepat 4G LTE. Terakhir, terdapat juga tiga buah prosesor baru yang siap digunakan perangkat smartphone. Semua chip baru ini diklaim lebih bertenaga dan membuat desain perangkat bisa lebih tipis.

Snapdragon Wear 2100

Produsen ini awalnya menghadirkan chipset Qualcomm Snapdragon 400. Prosesor ini sudah digunakan diberbagai smartwatch. Namun, kali ini Qualcomm menghadirkan chipset baru yang diklaim 30%  lebih kecil, mampu menghadirkan 25% tenaga lebih banyak dan tentu tetap hemat daya. Chipset ini bahkan sudah support LTE modem dan low – power WiFi hingga Bluetooth. Alhasil, smartwatch yang memakai chipset baru ini akan hadir dengan desain lebih tipis.

Snapdragon X16 LTE Modem

Chip modem ini menawarkan kecepatan hingga lebih dari 1 Gbps  dalam jaringan 4G LTE. Modem ini juga sudah support Gigabit connections. Sayangnya dengan fitur menakjubkan tersebut, chip ini tidak akan terlalu berguna. Pasalnya jaringan 4G LTE belum menyeluruh hadir disemua negara.

Baca juga Generasi Baru Zenfone Gunakan Chipset Qualcomm 618

Chipset untuk Smartphone

Qualcomm menghadirkan chipset baru ini untuk mengisi jajaran chip kelas menengah ke bawah. Tak hanya itu, ketiga chipset juga sudah mendukung konseksi LTE yang lebih cepat. Tak hanya itu, Qualcomm juga mendesain ulang ARM Cortex A53 sehingga lebih bertenaga dan tetap hemat daya.

Snapdragon 625

Walaupun ini merupakan chipset low model, Chipset 625 ini menjadi chipset pertama dalam jajaran chipset seri 600 yang dibuat dengan struktur 14 nm, sehingga lebih bertenaga dan lebih efisien. Tak heran, chipset yang terdiri dari delapan inti ini bisa memiliki kecepatan hingga 2 Ghz.

Chipset ini juga menjadi chipset ketiga setelah chip 650 dan chip 652 yang sudah mendukung kemampuan rekam video 4K baik dengan codect AVC maupun HEVC. Chipset terbaru ini juga sudah support kamera hingga 24 MP.

Chipset ini bisa dihubungkan dengan modem X- yang suppot Cat 7 LTE dengan kecepatan download hingga 300 Mbps dan kecepatan upload hingga 150 Mbps. Chipset ini juga disokong GPU Adreno 506 dan Quick Charge 3.0. Qualcomm juga menghadirkan display support hanya Full HD.

Snapdragon 435

Chipset ini dibuat menggunakan struktur lama 28 nm. Ini merupakan prsesosor Octa-core dengan kecepatan 1,4 Ghz. Chipset ini sudah support Adreno 505 dan support layar Full HD.

Chipset ini juga terhubung dengan modem X8 LTE yang memiliki kecepatan download hingga 300 Mbps dan upload 100 Mbps. Chipset ini  juga sudah support Quick Charge 3.0 dan Support Video Full HD Recording.

Snapdragon 425

Berbeda dengan dua chipset sebelumnya, Chipset yang satu ini merupakan chipset yang dibangun menggunakan arsitektur 28 nm. Ini merupakan prosesor quad-core dengan kecepatan 1,4 Ghz. Prosesor ini sudah support GPU Adreno 308. Chipset ini juga sudah support layar resolusi HD dan kemampuan rekam video Full HD hingga kamera utama 16 MP. 

 

Baca juga artikel
Qualcomm Klaim Snapdragon 820 Lebih Cepat Dari Exynos
Qualcomm Snapdragon 830 Siap Meluncur Tahun 2017, Benarkah?
5 Smartphone Keren dengan Chipset Qualcomm Snapdragon 808

Artikel Lainnya

Komentar