Awas! Ada Tombol Download Palsu di Google Chrome

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 18 Peb 2016 | 11:41

Iklan memang menjadi hal yang cukup mengganggu saat browsing di Google Chrome. Apalagi saat kamu masuk ke sebuah web atau aplikasi dan iklan bertebaran baik di atas maupun bawah layar. Namun, dari iklan inilah beberapa web atau aplikasi gratis bisa mendapat penghasilan. Sayangnya, ada beberapa iklan memunculkan tautan bertuliskan “download” pada satu laman sekaligus.

Hal ini tentu membuat beberapa pengguna bingung harus menekan tombol yang mana. Pasalnya beberapa tombol download tersebut merupakan tipu muslihat yang bisa membawa virus yang tak diundung ke komputer hingga gadget. Bahkan lebih parah lagi, tombol download palsu ini bisa saja mencuri berbagai informasi termasuk passwords, nomer telepon hingga kartu kredit.

Contoh tombol download palsu:

Baca juga Update Chrome Hadirkan Mode Data Saver Buat Hemat Kuota

Google pun berusaha mengatasi hal ini dengan memperbaharui browser Chrome. Bahkan dalam update terbaru, Google menghadirkan penambahan beberapa fitur baru. Google menghadirkan update pada fitur safe browsing protection yang terpasang pada Google Chrome. Fitur ini akan mewanti-wanti pengguna yang ingin masuk ke situs-situs yang menggunakan tautan download palsu yang berisi virus atau malware.

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna cukup menekan menu tiga garis pada sisi kanan atas layar Chorme. Lalu pilih setting-Advance hingga Privacy. Nantinya akan ada beberapa kolom yang tercentang dan tidak tercentang pada opsi Privacy. Pengguna hanya perlu mencentang kotak dengan kalimat “protect you and your device from dangerous sites”.

Setelah fitur ini aktif, Chrome akan selalu memperingatkan pengguna saat masuk sebuah situs dengan iklan atau tombol download palsu. Peringatan yang tertulis akan berupa imbauan untuk menghindari situs tersebut. Peringatan juga akan menjelaskan bahwa situs yang hendak diakses beresiko mengandung virus atau malware.

Selain menghadirkan sistem keamanan baru, Google juga menghadirkan desain yang lebih baru. Desain ini nampak lebih simple dan minimalis dibanding desain awal Chrome. Google mencoba menghadirkan desain yang lebih lebar dan lebih nyaman digunakan.

Memang perubahan desain yang ditawarkan tidak terlalu signifikan. Perubahan hanya tampak dari sisi tab yang lebih ringan dibuka, bagian menu yang lebih tertata. Update diharapkan juga segera hadir pada incognito page, download page dan extensions page. Update desain ini hadir untuk semua platform termasuk Windows, PC dan iOS.

 

Baca juga artikel
Bug iOS 9, Chrome Untuk iOS Tidak Bisa Menampilkan Keyboard
Chrome Terbaru Hadir Lebih Cepat untuk Browsing
Chrome Akan Blokir Flash Ad Yang Mengganggu

Artikel Lainnya

Komentar

Bima Satria 11 Pebruari 2016 - 18:08
sering ada yg beginian, emang kampret