Singapura Menjadi Negara dengan 4G LTE Tercepat di Dunia

Singapura Menjadi Negara dengan 4G LTE Tercepat di Dunia

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 18 Peb 2016 | 11:41

Baru-baru ini sebuah lembaga riset operator mobile di seluruh dunia, OpenSignal, menghadirkan sebuah survey mengenai kecepatan dan jangkauan koneksi internet 4G LTE di berbagai negara. Hasilnya cukup menarik karena menempatkan Singapura sebagai negara dengan kecepatan 4G LTE tercepat di dunia. Bahkan menurut data OpenSignal, Singapura memiliki kecepatan download rata-rata 37 Mbps.

Jaringan 4G LTE sendiri telah dikembangkan sejak 6 tahun lalu. Kini koneksi internet cepat ini sudah digunakan di cukup banyak negara. Perkembangan jaringan ini pun berbeda di tiap negara. Beberapa negara seperti Korea Selatan hingga Singapura terbilang sukses mengatur dan membuat jaringan 4G LTE. Kedua negara ini bahkan bisa menggabungkan antara teknologi dan reliability. Padahal negara besar lain seperti Amerika dan Jepang masih mengembangkan infrastruktur untuk mendukung koneksi 4G LTE.

Kesuksesan Singapura dalam mengembangkan jaringan 4G LTE juga tidak lepas dari dua operator seluler singapura, SingTel dan StarHub. Kedua operator ini bahkan menjadi penguasa layanana 4G di negara kecil ini. SingTel sendiri memiliki kecepatan download hingga 40 Mbps, dengan jangkauan jaringan hingga 86 persen. Diposisi kedua ada StarHub yang memiliki kecepatan download hingga 39 Mbps dengan jangkauan 79 persen. Sementara di posisi ketiga, ada operator M1 yang memiliki kecepatan download hingga 29 Mbps dengan jangkauan jaringan 4G mencapai 89 persen.

Data di atas cukup meningkat. Pasalnya, setahun lalu dalam survey OpenSignal mencatat kecepatan tertinggi 4G LTE adalah 20 Mbps. Dan di Februari tahun 2016 ini sudah ada 15 negara dan 52 operator yang menghadirkan kecepatan download lebih dari 20 Mbps. Sayangnya, Indonesia belum masuk ke dalam survey OpenSignal ini. Pasalnya proses Refarming jaringan 4G LTE di Indonesia baru selesai pada akhir tahun 2015 lalu.

Dikutip dari OpenSignal.com, data dikumpulkan dari jutaan smartphone yang memasang aplikasi OpenSignal. Untuk survei kali ini, OpenSignal mengambil data dari ratusan ribu pengguna aplikasi  yang menggunakan ponsel smartphone berfitur 4G LTE dan terhubung dengan koneksi 4G LTE. Data ini dikumpulkan mulai bulan Oktober hingga Desember 2015.

 

Baca juga artikel
Indosat Ooredoo dan XL Axiata Berbagi Layanan 4G LTE
5 Smartphone Android 4G LTE Harga di Bawah Sejuta
Daftar Kota di Indonesia yang Support 4G LTE XL

Artikel Lainnya

Komentar

Bima Satria 11 Pebruari 2016 - 18:08
bolt kayanya lebih kenceng dari itu ahahha