XL Uji Coba Layanan VoLTE dan RCS, Komunikasi Jadi Makin Oke

XL Uji Coba Layanan VoLTE dan RCS, Komunikasi Jadi Makin Oke

Oleh Evan Yazid Praditya on Sabtu, 06 Peb 2016 | 19:08

Salah satu raksaka operator selular di Indonesia, XL Axiata tidak henti-hentinya melengkapi fitur mereka. Jum'at kemarin 5 Februari 2016 XL menggelar uji coba untuk layanan VoLTE (Voice Over LTE) dan RCS (Rich Communication Suite). 

Apa itu VoLTE dan RCS? VoLTE merupakan layanan komunikasi percakapan (nelpon) melalui jaringan data LTE sedangkan RCS adalah layanan komunikasi yang diperkaya dan lebih lengkap. Nah uji coba 2 layanan ini dilakukan di Surabaya dan lawan percakapan berada di Denpasar.

Chief Brand & Customer Experience XL, Nicanor V. Santiago III, mengatakan, “Ujicoba yang kami lakukan ini didasari pertimbangan keinginan kami untuk mampu memberikan layanan panggilan voice dan video yang superior kepada pelanggan. VoLTE sendiri merupakan layanan inovatif untuk voice sebagai hasil dari pengembangan 4G LTE. Sangat perlu bagi XL untuk juga menghadirkan layanan VoLTE ini seiring upaya kami untuk terus melengkapi ekosistem layanan XL 4G LTE. Kami terus berusaha menjadi yang terdepan dalam layanan 4G LTE.”

Tujuan uji coba ini juga cukup jelas, yaitu untuk memastikan kualitasnya. Jadi, jika sewaktu-waktu akan diluncurkan, XL sudah siap. XL juga pastinya mengupayakan kesiapan dari sisi handset di pasaran yang memiliki fitur untuk menggunakan fitur VoLTE.

Manfaat VoLTE ini diantara lain adalah kualitas suara yang lebih jernih (HD voice) dibandingkan dengan layanan suara lainnya. Selain itu VoLTE akan lebih menghemat baterai ponsel dan secara teknis, call set up pada VoLTE hanya perlu 1-2 detik berbeda dengan layanan telpon lainnya yang membutuhkan waktu 5-6 detik. FYI, layanan VoLTE memungkinan operator untuk lebih efisien dalam menggunakan alokasi pita frekuensi yang dimiliki. Dengan begini, operator bisa melayani lebih banyak pelanggan hingga 2 kali untuk voice call/MHz dibandingkan CS call. XL percaya nantinya para pelanggan akan sangat tertarik untuk menggunakan layanan VoLTE ini.

Lalu bagaimana dengan RCS? Layanan ini menggunakan akses internet untuk beroperasi dan tidak tergantung apakah pelanggan menggunakan LTE, UMTS, GSM, ataupun WiFi. RCS memadukan fitur-fitur seperti messaging, chating, voice call, dan video call. Dan semua itu ada di dalam satu aplikasi.

Dengan adanya dua layanan baru ini XL berharap dapat terus memberikan layanan voice call atau video call yang berkualitas dan memberikan pengalaman yang lebih baik dalam pemanfaatan jaringan LTE. 

Bagaimana, Kamu tertarik dengan dua layanan baru ini?

Baca juga artikel
XL Prioritas, Paket Pasca Bayar Bagi yang Ingin Perlakuan Khusus
Daftar Kota di Indonesia yang Support 4G LTE XL
Indosat Ooredoo dan XL Axiata Berbagi Layanan 4G LTE

Artikel Lainnya

Komentar