Tombol Dislike Batal, Facebook Rilis 6 Tombol Like Terbaru

Oleh Aris Wibowo on Senin, 01 Peb 2016 | 13:35

Rumor Facebook yang akan mengganti tombol Like kembali mewarnai berita diawal tahun ini. Rumor ini sendiri sudah lama terdengar. Bahkan pada Oktober 2015 lalu, CEO Sosial Media terpopuler ini, Mark Zukerberg memberikan sedikit bocoran yang menyebutkan Facebook akan menghadirkan tombol alternatif untuk menemani tombol Like. Tombol-tombol tersebut akan diberi nama Reactions.

Kini setelah 6 bulan melakukan uji coba, seperti dikutip dari situs Androidauthority, Facebook siap mengenalkan lima tombol emoji baru untuk membawa sejumlah perubahan bagi duniaF. Setidaknya dalam tombol Reactions kamu akan menemukan emoji marah, sedih, kagum, tertawa dan lambang cinta. Menariknya, Facebook Chief Operating Officer, Chris Cox mengabarkan tombol baru ini akan segera dirilis kedunia beberapa minggu kedepan. Selain emoji, Facebook juga menambahkan semacam animasi untuk menghidupkan emoji dan menambahkan ekspresi.

“Facebook ingin pengguna untuk terus membagi semua hal yang berarti bagi diri mereka di Facebook. Tidak hanya hal bahagia saja yang dibagikan. Tak hanya itu, hadirnya tombol Like baru juga diharapkan membuat pengguna semakin gemar menggunakan Like Facebook. “ ujar Zuckerberg.

Walaupun ada tombol baru, tombol Like lama masih akan hadir seperti biasa, dibawah postingan. Jika pengguna menekan tombol Like lebih lama di smartphone, maka kelima emoji baru tersebut akan muncul.

Baca juga Adu Aplikasi Perpesanan: WhatsApp VS Facebook Messenger

Untuk mengembangkan tombol Reactions ini, Facebook dikabarkan melakukan penelitian secara cermat untuk mengetahui respon dari berbagai post. Sebagai contoh, di Facebook sering ditemui komen atau postingan “haha” hingga “wkwkwkw” ini mengindikasikan bahwa postingan ini masuk kategori lucu. Uji coba ini dilakukan di beberapa pengguna di negara Spanyol dan Irlandia. Bahkan, beberapa pengguna di negara Cili, Filipina, Portugal hingga Colombia juga sempat menikmati fitur beta ini.

Diperkirakan akan ada 1,6 juta pengguna FB yang akan menekan tombol Like sebanyak 6 juta kali per hari. Menariknya, tombol Like ini tidak hanya digunakan untuk meng-Like postingan atau komentar, beberapa pengguna juga menggunakan tombol ini pada beberapa iklan. Maka tak heran, Facebook memperhitungkan dan mengembangkan tombol ini.

Kehadiran tombol Reactions ini juga membantah rumor yang menyebutkan Facebook akan menghadirkan tombol DisLike. Facebook tidak jadi menghadirkan tombol ini karena dianggap memberikan efek negative bagi pertemanan pada pengguna Facebook.

Jadi kita tunggu saja beberapa minggu kedepan. 

 

 

Baca juga artikel

Facebook Messenger Kini Hadirkan Stiker Berbayar

Wah, Ternyata Facebook iOS Membuat Baterai iPhone Boros

Signal, Fitur Baru di Facebook untuk Jurnalis

Artikel Lainnya

Komentar

PomadeMan 04 Pebruari 2016 - 03:26
kaya di Line jadinya :D