9 File Manager Terbaik untuk Android

9 File Manager Terbaik untuk Android

Oleh Aris Wibowo on Jumat, 01 Apr 2016 | 10:51

Jika kamu saat ini memakai smartphone Android baik Nexus atau Motorola kamu akan menemukan bahwa aplikasi File Manager dalam sistem kedua smartphone tidak ada. Padahal beberapa ROM dan smartphone Android sudah dibekali file manager bawaan. Hilangnya file manager ini tentu memberikan sedikit masalah unuk kamu yang gemar menshare, memindahkan atau menghapus file secara spesifik seperti foto, video, hingga file musik. Maka, kehadiran file manager  sangat dibutuhkan untuk pengguna Android.

Untungnya, dalam Google Play Store kamu bisa menemukan beberapa aplikasi file manager pihak ketiga. Walaupun banyak, kamu tetap harus pandai memilih agar file manager bisa digunakan lebih maksimal. Berikut beberapa pilihannya.

File Manager HDAplikasi ini hadir di sistem Android sudah cukup lama. Bahkan beberapa produsen gadget sudah menjadikan aplikasi ini sebagai aplikasi bawaan di smartphone buatan mereka. Dalam file manager ini, kamu bisa menemukan berbagai file sesuai kategori dan tipe. Aplikasi ini juga sudah support layanan cloud storage sehingga memudahkan kamu menyimpan file. Kamu juga bisa berpindah antara memori internal dengan memori microSD dengan lebih mudah. Aplikasi ini juga support file sharing network protocols, fitur widget, APK support hingga root explorer. Aplikasi file manager ini juga hadir dengan tampilan yang lebih bersih dan mudah digunakan. Tersedia dalam dua versi yakni berbayar dan gratis, aplikasi ini mumpuni untuk mengelola file di Android.

Download File Manager HD

File ExpertAplikasi file manager ini menawarkan sejumlah fitur yang unik dan tidak biasa. Aplikasi ini memiliki fitur auto categorizes file yang memungkinkan aplikasi ini mengatur file ke spesifik folder. Tak hanya itu, Aplikasi Android ini juga support cloud storage. Ada juga fitur recycle bin, safebox untuk menyimpan file penting dan pribadi, super download, root explores hingga kemampuan compress file. File manager ini juga support file transfer.

Untuk tampilan, file manager ini juga hadir lebih jelas dan minimalis sehingga kamu bisa mencari file dengan lebih mudah. Aplikasi ini hadir dalam versi gratis hingga 3 versi berbayar. Ada versi professional dengan fitur recovery hingga printer support. Ada juga versi premium dan flagship yang berisi fitur GCloud Memory dan Dropbox Sync.

Download File Expert

Solid ExplorerSeperti namanya, File manager Android ini menghadirkan fitur yang cuku solid. Bahkan berbeda dengan file manager pada umumnya, aplikasi ini hadirkan cloud storage support dan kemampuan menyembunyikan file atau folder. Aplikasi ini juga dibekali kemampuan untuk mengcompres file dan mengextract file. Dalam versi berbayar, aplikasi ini menawarkan fitur USB OTG dan banyak fitur lainnya.

Tampilan file manager ini juga cukup cantik dan fungsional. Kamu juga bisa mendrag dan mendrop file lebih mudah. Kamu juga bisa mengganti icon sehingga menjaga kamu jenuh kala mengotak – atik file di perangkat Android. intinya, File manager ini cocok untuk kamu yang gemar multitasking.

Download Solid Explorer

File ExplorerAplikasi ini dikenal juga dengan nama FX Explorer. File manager Android ini terbilang cukup populer dan digunakan dibanyak perangkat. Aplikasi ini menghadirkan fitur gesture, visual yang baik, root network file manager hingga kemampuan zoom. Ada juga thema menarik yang bisa kamu pasang sehingga file manager ini tidak membosankan. File Explorer ini juga support add ons untuk cloud storage termasuk Google Drive, OneDrive, Dropbox, hingga Box.

Ada juga fitur split view yang memungkinkan kamu memindahkan file dengan lebih mudah. Aplikasi ini hadir dalam versi trial 7 hari di play store. Setelah itu, kamu harus mendapatkan versi berbayar untuk menggunakan semua fitur yang lengkap.

Baca juga Adu Aplikasi Perpesanan: WhatsApp VS Facebook Messenger

Download File Explorer

Gira File ManagerAplikasi File manager ini cukup simple dan elegan digunakan diperangkat smartphone maupun tablet. Dalam versi premium, terdapat fitur support cloud storage. Kamu juga bisa menambahkan folder baru atau file baru ke homescreen dengan mudah. Aplikasi ini juga support aplikasi management, USB OTG, file dengan format yang lebih lengkap hingga kemampuan mengompres file. Kalau kamu ingin menggunakan file manager yang simple dan tidak ribet oleh fitur, aplikasi ini layak kamu coba.

Download Gira File Manager

File CommanderAplikasi Android ini cukup kaya fitur dengan interface yang bersih dan minimalis. Kamu bisa mengatur file ke berbagai kategori dengan lebih cepat. File manager ini juga sudah support cloud storage dan network file sharing protocols. Salah satu fitur unggulan dalam aplikasi ini ialah kemampuan memindahkan file dari background ke file manager dengan lebih cepat. Aplikasi ini hadir dalam versi berbayar maupun gratis. Bedanya, dalam versi berbayar, aplikasi ini menawarkan mode keamanan dan mode menyembunyikan file.

Download File Commander

Cabinet BETACabinet menjadi aplikasi file manager paling minimalis. Aplikasi ini awalnya hadir dalam versi beta namun cukup banyak diminati diberbagai negara. File manager ini tampil cukup cantik dengan fitur basic apa adanya. Aplikasi ini support file manager, root manager dan kemampuan kompresi file. File manager ini juga mampu menampilkan detail file lebih lengkap.

Download Cabinet BETA

Total CommanderIni juga menjadi salah satu aplikasi file manager yang cukup populer digunakan. Aplikasi ini support berbagai macam file sharing protocols dan cloud storage. Fitur andalan lainnya ialah kemampuan media streaming player, directory history. Kalau kamu memiliki smartphone Android yang sudah diroot, file manager ini sangat cocok kamu gunakan. Sayangnya, tampilan file manager ini sedikit kurang mengesankan. Yang terpenting, aplikasi ini cukup cepat dan mudah digunakan untuk memindahkan file. Apalagi, aplikasi ini tidak boros memori sehingga RAM smartphonemu tetap normal.

Download Total Commander

Astro File ManagerASTRO menjadi aplikasi bawaan dibeberapa smartphone. File manager ini hadir dengan tampilan yang cukup familiar bahkan mirip Windows Explorer. Aplikasi ini juga support compres file, support cloud storage seperti Google Drive, OneDrive, Dropbox hingga Box. Dengan aplikasi ini, kamu bisa memindahkan file dengan lebih mudah. Selain itu, file manager ini terintegrasi dengan McAfee antivirus. Aplikasi ini juga membawa sejumlah peralatan yang berguna seperti app manager, SD card tracker dan task killer.

Download Astro File Manager

Dari data diatas, bisa disimpulkan bahwa file manager yang powerful diantarannya File Manager HD, File Commander dan Total Commander. Untuk kemampuan multitasking, kamu bisa menggunakan ES File Explorer dan Solid Explorer. Kalau kamu mencari file manager dengan tampilan yang menarik, kamu bisa memakai File Expert, Gira File Manager hingga Cabinet Beta.

 

Baca juga artikel

Aplikasi Keyboard Android Terbaik Akhir Tahun 2015

4 Aplikasi Milik Sony yang Bisa Digunakan di Smartphone Lain

Aplikasi Pemutar Musik Android Terbaik 2015

Artikel Lainnya

Komentar