Seperti Apa Sih Lumia 650 yang Akan Dirilis Februari Nanti?

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 26 Jan 2016 | 18:55

Baru-baru ini, sebuah operator telekomunikasi di Jerman membocorkan info terbaru mengenai produk Microsoft Lumia 650. Smartphone kelas menengah ini dikabarkan akan segera meluncur pada Februari mendatang.

Kabar ini semakin menguat dengan beredar pula info harga smartphone Windows ini. Sayangnya, info yang berkembang Microsoft baru akan melepas satu varian warna saja yakni hitam. Sedangkan untuk varian warna lain akan menyusul beberapa minggu setelahnya. Walaupun demikian, kabar ini cukup menarik banyak pengamat dan pengguna gadget. Apalagi, rumor smartphone ini memang telah berkembang cukup lama.

Memang hingga kini belum ada foto penampakan resmi dari Lumia 650. Namun, diperkirakan desain yang diusung smartphone ini tidak akan berbeda jauh dari seri Lumia 950 yang tampil minimalis dan solid. Jika menengok rumor kebelakang, Lumia terbaru ini akan menggunakan bodi kotak dengan sudut melengkung khas Windows phone. Microsoft juga dikabarkan menggunakan bodi metal dalam produk ini untuk menambah kesan mewah.

Baca juga Microsoft Lumia 850 Honjo Hadir Berbekal Kamera 10MP PureView

Sementara itu, pada bagian layar, smartphone Windows ini akan menggunakan layar sentuh 5 inci. Layar ini cukup optimal digunakan harian mengingat sudah terpasang resolusi HD 1280 x 720 pixels. Tak hanya itu, layar ini sudah menggunakan panel AMOLED sehingga mampu menampilkan gambar dan video lebih tajam dan jernih.

Dalam rumor sebelumnya, Microsoft Lumia 650 menggunakan mesin yang kurang powerful untuk pasar kelas menengah. Produsen ini hanya memasang chipset Qualcomm Snapdragon 212. Prosesor Quad-core ini memiliki kecepatan 1,3 GHz yang terkesan biasa saja. Untuk mendukung performa mesin, Microsoft juga menggunakan RAM 1GB dan pengolah grafis Adreno 304. Mesin ini dirasa kurang bersaing bila dibandingkan smartphone Android yang sudah menggunakan RAM 2GB. Walaupun demikian, smartphone ini sudah menggunakan OS Windows 10 mobile terbaru.

Dibagian memori internal, smartphone menghadirkan memori 8GB lengkap dengan slot microSD. Untuk memuaskan pecinta fotografi, Microsoft memasang kamera belakang dengan resolusi 8MP lengkap dengan autofocus dan LED Flash. Lumia 650 ini juga dibekali kamera depan 5 MP dengan lensa wide-angle untuk berselfie.

Hingga saat ini belum jelas apakah smartphone Windows 10 ini sudah support 4G LTE atau belum. Akan tetapi, Microsoft sudah membekali smartphone ini dengan dual SIM dan fitur 3G HSPA. Untuk harga, Microsoft Lumia 650 kabarnya akan dilepas dikisaran harga Rp 2 – 3 jutaan. Masuk Indonesia kapan? Hingga kini belum ada kabar mengenai hal tersebut.  

 

Baca juga artikel

Microsoft Lumia 550 Windows 10 Mulai Dipasarkan

Bocoran Microsoft Lumia 850 Mulai Terungkap

Microsoft Pangkas Harga Lumia 950 dan Lumia 950 XL

Artikel Lainnya

Komentar