Internet Explorer Pensiun, Opera Browser Siap Gantikan

Internet Explorer Pensiun, Opera Browser Siap Gantikan

Oleh Aris Wibowo on Jumat, 01 Apr 2016 | 10:59

Beberapa waktu lalu, Microsoft telah resmi mengumumkan bahwa perusahaan ini akan menghentikan dukungan layangan bagi browser Internet Explorer dimulai dari versi 8,9 dan 10. Artinya tidak akan ada lagi update atau pembaharuan sistem keamanan untuk browser Internet Explorer.

Hal ini tentu menjadi sebuah resiko bagi pengguna karena bila tetap menggunakan Internet Explorer untuk browsing kemungkinan masuknya malware atau virus semakin besar. Tak heran banyak pengguna Internet Explorer ini mencari browser lain, termasuk mulai menggunakan browser Opera.

Opera sendiri bukanlah pemain baru dalam dunia browser. Opera sudah menghadirkan browser diberbagai platform mulai dari Windows hingga Android. Tidak hanya itu, tak heran petinggi Opera menjamin bahwa Browser Opera siap menggantikan peran dari Internet Explorer.

Vip shdon

Berikut beberapa hal yang menjadikan browser Opera lebih baik dari Internet Explorer.

Diklaim Lebih Cepat

Dalam sebuah uji coba yang dilakukan laman PC World, Opera dinobatkan sebagai browser tercepat. Browser ini mampu membuka sebuah halaman web lebih cepat dibanding browser lainnya. Tidak hanya itu, kala berpindah tab pun, Opera mampu menampilkan web lebih cepat. Hal ini terjadi karena Opera memiliki teknologi untuk mengompres halaman web sehingga lebih ringkas dan lebih cepat.

Baca juga Microsoft Resmi Akhiri Support Internet Explorer 8, 9 dan 10

Fitur Keamanan

 

Opera juga memiliki sistem keamanan yang cukup baik. Browser ini akan melindungi pengguna dari ancaman-ancaman web yang mengandung virus atau malware. Tak heran, dalam setiap perbaikan, Opera selalu menghadirkan pembaharuan keamanan.

Tampilan yang lebih menarik

Guna memanjakan pengguna saat browsing, Opera juga menghadirkan tampilan yang menarik. Opera menawarkan tampilan antarmuka yang elegan dan mudah dipahami. Opera juga menghadirkan tema sehingga pengguna bisa mengganti tema sesuai keinginan masing-masing.

Memiliki cukup banyak add-on atau ekstensi

Browser saat ini juga tidak sekadar alat pencarian semata. Maka Opera pun menghadirkan banyak add-ons untuk memaksimalkan penggunaan browser. Kamu bisa memilih lebih dari 2000 ekstensi untuk tambahan misal, notifikasi sosial media hingga sidebar notes.

Fitur Kompresi dan Fitur turbo

Keunggulan Opera berikutnya daripada Internet Explorer ialah Opera memiliki beberapa fitur tambahan. Kamu bisa menggunakan fitur opera turbo untuk membantu kamu menjelajah internet meski dalam koneksi jaringan yang lambat. Tak hanya itu, ada fitur kompresi data yang memuat kamu bisa browsing tanpa takut kuota habis.

 

Baca juga artikel

Traffic Internet Turun Gara-gara Film Star Wars: The Force Awakens

3 Aplikasi Penstabil Jaringan Internet di Smartphone Android

Opera 36 Sedang Dikembangkan dengan Berbagai Fitur Baru

Artikel Lainnya

Komentar