Update iOS 9.2.1 Bikin Ngebut Performa iPhone Lama

Oleh Aris Wibowo on Senin, 25 Jan 2016 | 14:23

Mencoba mengimbangi sistem Android yang makin perkasa, Apple menghadirkan sistem operasi yang lebih baru yakni iOS 9. Kala diluncurkan akhir 2015, Apple menjanjikan bahwa iOS 9 akan membawa peningkatan performa untuk semua perangkat iOS termasuk perangkat lama iOS yang awalnya menggunakan iOS 8. Namun, ternyata saat iOS 9 benar-benar dirilis dan dipasang pada perangkat iPhone lama, peningkatan yang dihadirkan tidak sedramatis yang dibayangkan. Bahkan iOS 9 masih memiliki beberapa bug yang mengganggu.

Maka Apple pun terus menghadirkan update agar iOS 9 semakin baik performanya. Bahkan, Januari 2016 ini, Apple telah merilis update iOS 9.2.1. Update ini datang dengan sejumlah perbaikan bug dan sejumlah peningkatan sistem keamanan. Tidak ada fitur baru yang diusung dalam update kali ini. Tentu ini membuat beberapa pengguna iPhone lama harus berpikir ulang untuk mengupdate ke iOS 9.2.1 ini. Apalagi dalam update awal di iOS 9, beberapa iPhone lama justru turun performanya setelah melakukan update. Walaupun demikian, kamu pemilik iPhone lama seperti iPhone 4s jangan berpasrah diri dulu.

Baca juga IOS 9.2.1 Rilis dengan Perbaikan Keamanan dan Bugs

Ternyata update terbaru iOS 9.2.1 membawa perubahan yang baik di iPhone terbaru bahkan iPhone lama seperti iPhone 4s. Ketika iPhone 4s menggunakan iOS 9.2.1 ternyata waktu boost lebih cepat. Yang cukup menarik, ketika dibandingkan dengan iPhone 4s yang memakai iOS 8.4.1. Ternyata iPhone 4s yang menggunakan iOS 9.2.1 hadirkan performa yang lebih baik. Update ini tak hanya menawarkan waktu boot yang lebih singkat, namun aplikasi bisa terbuka lebih cepat. Dalam beberapa percobaan, iPhone 4s dengan iOS 9.2.1 sangat cepat kala berpindah halaman menu dan membuka banyak aplikasi.

Meski lebih cepat dibanding iOS 8.4.1, iPhone lama yang menggunakan iOS 9.2.1 ternyata tidak bisa menandingi kecepatan iPhone terbaru yang juga sudah menggunakan iOS 9.2.1. Tentu ini bisa dimaklumi mengingat iPhone 4s dan iPhone 6s berbeda generasi, berbeda chip dan berbeda mesin. Jadi tunggu apa lagi, segera update iPhone lamamu. Namun, satu hal yang perlu diperhatikan. Ketika iPhone lama seperti iPhone 4s dan iPhone 5 melakukan update ke iOS 9.2.1, maka tidak bisa kembali ke iOS lama.

iPhone 4S iOS 8.4.1 vs iOS 9.2.1 Build 13D15 Speed Comparison

 

Baca juga artikel

iOS 9.3 Beta Resmi Dirilis dan siap Dijajal

Aplikasi Pemutar Musik iOS Terbaik 2015

Bug iOS 9, Chrome Untuk iOS Tidak Bisa Menampilkan Keyboard

Artikel Lainnya

Komentar