Mantan Petinggi Firefox Ciptakan Browser Brave yang "Ramah" Iklan

Oleh Aris Wibowo on Senin, 25 Jan 2016 | 14:16

Seperti diketahui, Mozilla Firefox menjadi salah satu browser yang paling populer dan paling sering digunakan saat ini. Apalagi, browser ini sudah hadir dalam berbagai platform mulai dari PC hingga perangkat mobile.

Sayangnya tahun 2014 lalu, ada problem internal sehingga membuat salah satu petinggi Mozilla bernama Brendan Eich keluar. Menariknya, beberapa tahun setelah itu, ia kembali ke dunia browser dengan perusahaan baru. Eich bahkan membuat sebuah proyek bernama Brave. Di dalam proyek tersebut, Eich menciptakan sebuah browser baru dengan nama Brave.

Brendan Eich memang cukup berperan dalam pengembangan browser saat ini. Ia bahkan menjadi salah satu pengembang pertama java script. Kini, ia mencoba mengembangkan browser yang lebih baru untuk memberikan pengalaman berselancar di dunia maya yang lebih cepat dan lebih aman. Berbekal pengalaman di Mozilla, Eich menghadirkan fitur yang membuat iklan-iklan menghilang saat browsing.

Via techtimes

Baca juga Firefox 64-bit Kini Hadir di Windows, Buruan Coba!

Browser Brave ini memang fokus pada pembenahan iklan. Pasalnya banyak sekali iklan-iklan yang sering muncul saat pengguna sedang browsing di laman tertentu. Ini memang menjengkelkan dan menganggu kenyamanan pengguna internet. Maka Brave hadir dengan teknologi baru yang dapat menyaring iklan-iklan mengganggu bahkan iklan yang mengandung virus. Apalagi saat ini hadir teknologi iklan bernama Malvertising yang membuat sebuah iklan bisa menginstal malware ke perangkat yang digunakan saat browsing tanpa sepengetahuan pengguna. Tidak hanya itu, beberapa iklan bahkan mengambil data pribadi pengguna sehingga akan sangat berbahaya.

Maka kehadiran Browser Brave cukup membantu mengurangi iklan bahkan melindungi perangkat dari malware. Browser ini akan secara otomatis menyaring iklan yang masuk dan memposisikan iklan pada tempat dan ukuran yang tidak akan mengganggu kenyaman pengguna saat browsing. Maka , bila kamu menggunakan browser Brave, kamu tidak membutuhkan ad-block untuk memblokir iklan-iklan yang membandel. Hal ini disebabkan Brave sudah dibekali built in Ad-block yang lebih cerdas dan lebih optimal.

Browser ini memang masih tahap pengembangan dan resmi diperkenalkan pada 20 Januari kemarin. Browser ini bisa berjalan baik di sistem operasi Windows, OS X, Linux, Android hingga iOS.

 

Baca juga artikel

Update Mozilla Firefox Tawarkan Fitur Pencegah Pencurian Data

Khusus Selandia Baru, Mozilla Tes Firefox untuk iOS

Mozilla Balas Dendam dengan Firefox 40 di Windows 10

Artikel Lainnya

Komentar