Smartphone Android Karbonn K9 Smart Ini Dibandrol Dibawah $100, Lho!

Oleh Ardiansyah Hana on Selasa, 19 Jan 2016 | 13:38

Sektor bisnis perangkat mobile negara berkembang seperti India terus meningkat, dibuktikan dengan semakin banyaknya pabrikan yang memproduksi smartphone untuk dijual di pasar lokal. Selain itu, India pun kerap dijadikan sebagai tempat persinggahan pertama bagi brand besar dalam perilisan produk anyarnya, menunjukkan bahwa India memiliki market yang menjanjikan untuk urusan teknologi mobile.

Salah satu pabrikan India yang baru saja mengeluarkan produk barunya adalah Karbonn Mobiles. Perusahaan ini meluncurkan smartphone Android bertajuk Karbonn K9 Smart, dijual untuk menyasar pengguna pemula yang baru beralih dari feature phone.

Karbonn K9 Smart tampil menarik perhatian pasar melalui dukungan spesifikasi terbaik di kelasnya. Ia hadir dengan dukungan layar 5 inch FWVGA, cukup luas dipakai pengguna sebagai medium untuk memainkan game atau sosial media. Sementara resolusi layar tersebut memiliki ukuran sebesar 854 x 480 piksel.

Untuk urusan performa, ia dilengkapi dengan prosesor Quad Core yang dipadukan dengan pengolah grafis dari Mali 400. Sangat disayangkan, smartphone ini hanya dipersenjatai RAM berukuran 512 MB, kurang maksimal jika pengguna ingin menjalankan aplikasi kelas berat. Sementara itu, ada pula media penyimpanan berkapasitas 8 GB yang dapat ditambahkan microSD melalui slot yang tersedia hingga 32 GB.

Baca juga 4 Smartphone dan Tablet Patut Ditunggu di 2016

Sekalipun dijual untuk menyasar konsumen bawah, namun ia sudah dilengkapi dengan fitur dual kamera. Pada bagian belakang, bertengger modul sensor sebesar 3.2 MP untuk digunakan memotret dan merekam video.

Sekalipun sensor tersebut berukuran kecil, tetapi Karbonn sudah membenamkan dukungan LED flash sehingga dapat membantu pengguna untuk mendapatkan foto berkualitas baik saat mengambilnya di tempat minim cahaya. Jika pengguna ingin berfoto selfie, tersedia pula komponen kamera di bagian depan dengan sensor sebesar 1.2 MP.

Fitur lainnya dari smartphone ini adalah konektivitas dual SIM 3G, dukungan WiFi, Bluetooth 4.0, GPS, microUSB 2.0 dan baterai yang memiliki kapasitas 2.300 mAh. Sangat sayang, sistem operasi yang dijalankannya tergolong cukup ketinggalan, dimana Karbonn K9 Smart berjalan mengusung OS Android 4.4.2 KitKat.

Saat ini, smartphone Android Android 4.4.2 KitKat sudah tersedia di pasar India, dijual secara offline maupun online. Untuk harganya, ia hanya dibandrol US$ 62 saja atau setara dengan Rp 950 ribuan.

 

Baca juga artikel

Smartphone dan Laptop Canggih di CES 2016

4 Smartphone yang Pas Buat Nonton Layanan Netflix di Indonesia

5 Smartphone Berkamera Depan 8MP dengan Desain Menarik

Artikel Lainnya

Komentar