Video HDR di YouTube Hadir Ikuti Amazon dan Netflix

Video HDR di YouTube Hadir Ikuti Amazon dan Netflix

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 21 Jan 2016 | 17:43

Dalam ajang CES 2016, YouTube Chief Business Officer Robert Kyncl mengumumkan bahwa YouTube akan segera menghadirkan fitur baru yang support HDR Video content. YouTube sendiri bukanlah perusahaan video streaming pertama yang memperkenalkan fitur Support video HDR.

Sebelumnya sudah ada beberapa perusahaan seperti Amazon dan Netflix yang mengumumkan fitur support HDR Video yang ternyata direspon baik oleh pengguna. Langkah YouTube ini memang sedikit tertinggal. Namun, lebih baik terlambat bergabung daripada tidak sama sekali dalam persaingan di kelas video HDR.

Dalam dunia fotografi, HDR atau High Dynamic Range berarti menggabungkan berberapa foto yang diambil dalam sebuah sesi pemotretan menjadi sebuah foto yang lebih menarik dan detail. Setiap foto hadir dengan exposure yang berbeda-beda. Kemudian foto-foto multi exposure tersebut akan digabungkan sehingga menjadi sebuah foto single frame dengan dynamic range paling tinggi. Foto terakhir akan hadir dengan warna dan bentuk yang semakin jelas berbeda dengan foto hasil memotret biasa.

Baca juga 4 Aplikasi Pengganti Youtube di iPhone dan iPad

Menariknya dalam dunia video, HDR lebih banyak digunakan di media TV. Dalam tampilan TV, HDR berarti tampilan video yang lebih realistis dan lebih tampak natural. Sayangnya, tidak semua TV atau perangkat gadget support untuk HDR agar tampilan maksimal.

Pasalnya, untuk menghasilkan video HDR, TV atau perangkat monitor kamu akan menghadirkan lebih banyak cahaya diarea tertentu berbeda dengan layar biasa. Maka untuk bisa menikmati efek HDR yang maksimal, perangkatmu harus support HDR terlebih dahulu.

Bila kamu tidak memiki layar yang cocok untuk video HDR, kamu bisa membeli TV atau monitor baru saat ini. Pasalnya beberapa produsen ternama seperti Samsung, Sony, LG dan Panasonic telah memiliki jajaran produk monitor dan TV dengan kemampuan support video HDR. Tak hanya itu, TV modern saat ini juga sudah dibekali fitur-fitur smart seperti koneksi internet dan WiFi. Sehingga kamu bisa menonton siaran TV ataupun menonton video streaming dengan lebih mudah.

Masuknya YouTube dalam persaingan konten video HDR juga diharapkan membuat banyak orang ataupun pengembang ramai-ramai membuat konten video HDR. Maka video HDR pun siap menjadi salah satu tren yang akan berkembang di tahun 2016 ini.

 

Baca juga artikel

YouTube Gaming Hadir di iOS dan Android

Tips dan Trik Mendaftar dan Menikmati Netflix di Indonesia

Akses Gampang Netflix dengan Smartfren Lenovo A6010

Artikel Lainnya

Komentar