4 Smartphone dan Tablet Patut Ditunggu di 2016

4 Smartphone dan Tablet Patut Ditunggu di 2016

Oleh Alena Yulitta on Jumat, 15 Jan 2016 | 11:11

Tahun 2016 ini banyak perangkat smartphone yang dirilis di pasar global dengan berbagai kecanggihan, meliputi Oppo A30, LG K10, ZTE Blade D Lux, dan Asus ZenPad 8.0. Seperti apa spesifikasi yang dimiliki keempat smartphone ini. Berikut uraiannya.

Oppo A30

Oppo A30 dikabarkan desainnya sangat mirip dengan OnePlus 2 Mini. Ada yang menganggap kemiripan ini adalah pertanda bahwa kedua perusahaan ini akan segera melebur menjadi satu mengingat akhir tahun lalu kedua perusahaan ini mempertimbangkan untuk bergabung menjadi satu perusahaan.

Untuk layar Oppo A30 dibekali dengan sebuah layar berjenis IPS dengan bentang 4,99 inci dan telah beresolusi full HD 1920 x 1080 pixels. Sementara kepadatan pixels yang ditawarkan mencapai 441 ppi. Dari spesifikasi layar ini maka bisa ditebak jika Oppo A30 akan menyasar kelas menengah atas dan oleh sebab itu layar yang cukup istimewa tersebut dilindungi oleh Gorilla Glass 3

Untuk menjalankan OS Android Lollipop yang dibalut dengan ColorOS maka Oppo A30 dibekali dengan chipset papan atas yakni chipset Octa core 64-bit Snapdragon 810. Chipset yang bertenaga ini dipadukan dengan sebuah RAM 3GB berjenis LPDDR4 yang menjamin kinerja prosesor menjadi semakin ngebut dan bertenaga. Untuk urusan grafis, Oppo memberikan GPU Adreno 430.

Untuk penyimpanan file dan juga sistem operasi, Oppo A30 punya internal storage dengan kapasitas 16GB yang bisa diperluas dengan menambahkan microSD pada slot yang tersedia. microSD yang bisa dijejalkan maksimal berkapasitas 128GB.

Di sisi kamera Oppo A30 punya kamera utama dengan resolusi 13MP dengan laser autofokus, OIS dan LED Flash. Sementara untuk kamera depan punya resolusi 8MP. Fitur lain yang ada pada smartphone ini tak berbeda jauh dari OnePlus 2 Mini seperti Wifi 802.11 a/b/g/n/ac, dual SIM, dual band, WiFi Direct, Hotspot, GPS, A-GPS/GLONASS, MicroUSB dan Bluetooth 4.0. Untuk harga smartphone Oppo terbaru klik disini.

LG K10

LG K10 yang dipamerkan di ajang CES 2016 yang lalu ini mempunyai desain yang apik yaitu dengan sudut-sudut membulat. Sekilas bentuk LG K10 terkesan agak berbeda dari smartphone Android yang telah ada di pasaran, namun begitu dipegang maka nampak fitur ergonomisnya yang mengurangi resiko ponsel ini lepas dari tangan, lansir GSMArena.

Layarnya berbentang 5,3 inci, tergolong lumayan besar dibandingkan dengan sebagian smartphone lain yang biasanya hanya mempunyai layar 5 inci. Layar dengan panel IPS pada LG K10 tersebut juga sudah mempunyai resolusi HD 1280 x 720 pixels dan kepadatan pixels yang mencapai 280 ppi. Namun sayangnya belum Anda info apakah layar pada LG K10 ini akan mendapatkan proteksi anti gores semacam Gorilla Glass atau tidak.

Untuk kinerja, LG K10 didukung oleh hardware yang mumpuni, sebut saja misalnya mesin dengan chipset Quad core Snapdragon 410 yang mampu digeber hingga 1,2GHz. Prosesor ini dipadukan dengan RAM 1,5GB dan sebuah mesin grafis Adreno 306.

OS yang dibawa oleh LG K10 adalah Android Lollipop yang dibalut dengan LG UX UI. Untuk menyimpan file sistem dan juga file pengguna, smartphone ini mempunyai internal memori seluas 16GB dan masih bisa ditambah dengan microSD hingga 128GB.

Pada bagian belakang bodi LG K10 terdapat sebuah kamera dengan kekuatan 13MP yang didukung sensor BSI, autofocus, serta LED Flash. Sementara pada bagian depan ada kamera dengan resolusi 5MP.

Untuk menunjang kinerja, tersedia baterai dengan kapasitas 2300mAh serta konektivitas yang cukup lengkap seperti 4G LTE, Wifi 802.11 a/b/g/n/ac, dual SIM, dual band, WiFi Direct, Hotspot, GPS, A-GPS/GLONASS, MicroUSB 2.0 dan Bluetooth 4.0. Untuk harga smartphone LG terbaru disini.

Baca juga 4 Smartphone yang Pas Buat Nonton Layanan Netflix di Indonesia

ZTE Blade D LuxDesain dari ZTE Blade D Lux ini, jika dilihat dari gambar yang diupload oleh GSM Arena, sangat mirip dengan ZTE Blade S6 yang terkenal itu. Yang membedakan dengan smartphone kelas premium tersebut adalah desain lapisan layar lengkung 2.5D yang membuat Blade D Lux tambah menawan.

Layar yang dibawa oleh smartphone ini mempunyai bentang 5,5 inci dengan jenis layar berpanel IPS dan mempunyai resolusi HD 1280 x 720 pixels. Untuk kepadatan layar pun sudah cukup memuaskan yaitu 267ppi. Namun sayangnya belum Anda informasi apakah smartphone ini mempunyai lapisan anti gores untuk perlindungan layarnya. 

Untuk kinerja, ZTE Blade D Lux dibekali dengan chipset Quad core 64-bit Snapdragon 410 yang mengusung clockspeed 1,2GHz. Kinerja prosesor kelas menengah ini semakin kencang dengan hadirnya RAM 2GB serta pengolah grafis Adreno 306. Untuk OS, ZTE Blade D Lux menjalankan Android Lollipop dengan balutan UI khas ZTE.

Untuk media penyimpanan file sistem operasi dan juga file milik user, tersedia internal memori dengan kapasitas 16GB yang bisa ditambah dengan menjejalkan microSD berkapasitas 128GB ke slot yang tersedia.

Kamera depan pada ZTE Blade D Lux ini cukup memanjakan penggila selfie. Jika smartphone kelas menengah lain hanya dibekali dengan kamera depan 5MP maka ZTE Blade D Lux ini dibekali dengan kamera depan 8MP yang pastinya lebih bagus untuk dipergunakan berfoto selfie. Selain itu pada bagian belakang ZTE Blade D Lux terdapat kamera utama dengan resolusi 13MP yang diperkuat dengan sensor BSI, fitur autofocus serta LED Flash. Baterai pada ZTE Blade D Lux berkapasitas 3.000mAh yang cukup dipergunakan untuk kegiatan sehari-hari. Selain itu smartphone ini juga ditunjang dengan fitur yang lengkap seperti dukungan untuk jaringan 4G LTE, 3G HSPA, Wifi 802.11 a/b/g/n/ac, dual SIM, dual band, WiFi Direct, Hotspot, GPS, A-GPS/GLONASS, MicroUSB 2.0 dan Bluetooth 4.0. Untuk harga smartphone ZTE terbaru disini.

Asus ZenPad 10

Pada ajang CES 2016 yang baru saja berlangsung, Asus ikut memajang salah satu tablet layar lebarnya, yaitu ZenPad 10. Hal ini dilakukan untuk menyaingi produsen-produsen smartphone lain yang juga ikutan memperkenalkan produk baru mereka di pameran internasional ini.

Sebenarnya tablet layar lebar ini sudah diperkenalkan sejak Agustus 2015 yang lalu berbarengan dengan ZenPad 8.0, namun baru di ajang CES Asus secara resmi meluncurkannya. Salah satu hal yang menarik dari tablet ini selain layarnya yang lebar adalah harganya yang cukup murah. Menurut kabar tablet ZenPad 10 ini hanya dijual dengan kisaran harga $170 atau sekitar Rp 2,3 jutaan saja, namun tentunya belum tersedia di Indonesia.

Tablet buatan Asus ini sangat cocok bagi siapapun yang menginginkan gadget yang bandel, dengan tampilan menawan serta kinerja yang bisa diandalkan. Ketiga hal tersebut didapatkan dari ZenPad 10 yang telah membawa layar sentuh dengan bentang 10 inci dan beresolusi 1200 x 800 pixels. Layar dengan panel IPS tersebut sangat sensitif terhadap sentuhan jari karena memakai OS Android Lollipop yang dibungkus dengan ZenUI.

Kinerja dari tablet layar lebar Asus ini dipercayakan kepada chipset buatan Intel yakni Intel Atom x3-Z3200 yang merupakan chipset Quad core yang mampu digeber hingga 1,2Ghz. Untuk menunjang kinerjanya, diberikan pula RAM 2GB dan GPU Mali-450MP4 untuk disandingan dengan prosesor kencang tersebut.

Untuk menyimpan data sistem operasi dan juga file-file pengguna, terdapat ROM dengan kapasitas 16GB/32GB. Kapasitas tersebut juga bisa ditambah dengan menjejalkan microSD maksimal 128GB ke slot yang tersedia.

Pada sisi kamera Asus Zenpad tidak begitu mengecewakan dengan kamera utama 5MP dan kamera depan 2MP. Kedua kamera ini tergolong standar untuk kelas entry tablet. Untuk audio, Zenpad 10 dibekali dengan speaker yang menghadap langsung ke pengguna dan didukung pula dengan ICE Power. Konektivitas yang didukung oleh tablet ini antara lain adalah WiFi, GPS, Bluetooth, MicroUSB dan fitur standar lain. Namun sayangnya tablet ini belum mendukung konektivitas mobile alias hanya bisa dipergunakan dengan WiFi. Untuk harga tablet Asus terbaru disini.

 

Baca juga artikel

5 Smartphone Berkamera Depan 8MP dengan Desain Menarik

5 Smartphone Android Terbaru RAM 3GB Kurang Dari Rp 3 Juta

5 Smartphone Android 4G LTE Harga di Bawah Sejuta

Artikel Lainnya

Komentar