Microsoft Resmi Akhiri Support Internet Explorer 8, 9 dan 10

Microsoft Resmi Akhiri Support Internet Explorer 8, 9 dan 10

Oleh Aris Wibowo on Senin, 11 Jan 2016 | 16:46

Setelah terus mengalami penurunan pengguna selama setahun ini dan dikarenakan hadirnya browser baru di sistem Windows 10, maka Microsoft secara resmi akan mengakhiri pengembangan dan support untuk browser Internet Explorer versi 8,9 dan 10. Langkah ini akan segera dilakukan pada 12 Januari mendatang.

Walaupun demikian, untuk Kamu yang masih menggunakan browser ini tak perlu khawatir. Browser ini masih bisa digunakan, hanya saja beberapa fitur sudah tidak dapat digunakan. Browser ini juga tidak akan mendapat sistem keamanan baru lagi hingga update program baru.

Keputusan Microsoft ini diduga disebabkan telah hadirnya browser Edge dalam Windows 10. Tak hanya itu, dalam Windows 10 juga sudah ada Internet Explorer 11 yang hadir dengan fitur lebih baru dan lebih baik. Browser versi 11 ini dianggap sudah lebih baik dibanding generasi – generasi sebelumnya. Bahkan, ada beberapa fitur dalam internet Explorer 11 yang tidak hadir dalam browser Edge.  Maka Microsoft menyarankan kepada pengguna komputer untuk mulai mengupgrade browser internet Explorer mereka ke versi paling baru.

Baca juga Microsoft Surface Pro 4 Versi Update Resmi Dirilis

Tak heran, bila kamu menerima automatic update dari Windows Update, Namun tidak melakukan upgrade browser ke internet Explorer 11, Windows akan mengirimkan notifikasi agar mengingatkan kamu untuk segera upgrade.

Dalam pengembangan Internet Explorer 11, Microsoft masih akan mengembangkan browser ini untuk sistem Windows 7, Windows 8,1 dan Windows 10. Jadi jika kamu berencana untuk meninggalkan browser ini sebaiknya berpikir ulang. Pasalnya, Microsoft menjanjikan akan terus mengembangkan browser ini hingga tahun 2025 mendatang. Tak hanya itu, Microsoft juga menjanjikan internet Explorer akan semakin cepat dan semakin modern bersaing dengan browser lainnya.

Pada masanya, Internet Explorer menjadi salah satu browser yang paling banyak digunakan. Namun, entah mengapa jumlah penggunanya terus menurun beberapa tahun ini. Bahkan kini hanya digunakan sekitar 6,8 % pengguna internet dunia. Berbeda dengan Google Chrome yang menguasai pasar dengan 67,4% pengguna.

Dengan menghentikan pengembangan Internet Explorer lama, Microsoft akan fokus dalam pengembangan browser Edge dan Internet Explorer 11. Microsoft akan fokus untuk bersaing dengan browser – browser modern yang ada di dunia.

Untuk mengecek versi Internet Explorer yang sedang kamu gunakan, kamu cukup masuk ke browser dan mengklik ikon gir dibagian pojok kanan dan pilih ‘About internet Explorer’. Bila termasuk versi lama, segera upgrade browser milikmu.

 

Baca juga artikel

Microsoft Minta Maaf Atas Bug Pada Microsoft Surface Book dan Surface Pro 4

Sukses dengan Surface Book, Kini Microsoft Siapkan Surface Phone

Microsoft Lumia 850 Honjo Hadir Berbekal Kamera 10MP PureView

Artikel Lainnya

Komentar