Pemilik Nexus Laporkan Aplikasi Gmail dan Inbox Bermasalah

Oleh Aris Wibowo on Jumat, 08 Jan 2016 | 15:58

Baru – baru ini beredar berbagai laporan dari pemilik perangkat Nexus tentang adanya masalah pada beberapa aplikasi populer Google seperti Inbox, Google Now atau Gmail di perangkat mereka. Bila kamu salah satu pemilik smartphone atau tablet Nexus dan mengalami hal serupa, kamu tidak perlu panik dan mengira bahwa perangkat milikmu saja yang rusak. Pasalnya, laporan ini dialami beberapa pengguna lain dibelahan dunia lainnya. Menariknya, bug ini kabarnya hanya menimpa para perangkat Nexus yang sudah update atau menggunakan OS Android 6.0 Marshmallow.

Menurut laporan yang diposting di Google Nexus Help Forum dan AOSP Issue Tracker, bug dalam perangkat nexus ini cukup serius. Dilaporkan seorang pengguna, bahwa ia telah mencoba melakukan tes email ke akun Gmail miliknya di Nexus 6P namun tidak direspon, bahkan hingga berjam – jam lamanya. Menariknya, ketika menggunakan Nexus 9 dan OnePlus One, akun Gmail miliknya merespon tes email yang dilakukan. Padahal menurut pengguna tersebut, ia menyeting Gmail pada perangkat – perangkat tersebut dengan cara yang sama.

Baca juga Nexus 5X dan Nexus 6P Terkena Imbas Efek Bug Display

Bug ini membuat beberapa perangkat Nexus tidak bisa merespon email. Lalu, bagaimana mengatasi masalah ini? Beberapa pengguna Nexus yang mengalam bug ini sudah melakukan berbagai cara. Sebagian pengguna sudah menghapus akun Google miliknya dan memasukannya lagi, namun tetap tidak terbaca. Ada juga pengguna yang sudah membersihkan cache, merestart perangkat, juga tidak berhasil. Menariknya sebagian lain, sudah berhasil mesinkronkan akun Gmail mereka dengan cara – cara tersebut. Tentu ini membuat bingung pengguna Nexus yang hingga kini masih menghadapi bug ini.

Hingga saat ini memang belum jelas penyebab dari bug ini. Namun, menurut respon yang muncul di forum Google Help, Google akan menyelidiki kasus ini dan segera memperbaikinya. Beberapa pegawai Google sempat menemukan penyebab bug ini ialah adanya fitur yang error dalam sistem Android Marshmallow. Fitur yang error ini kemudian berimbas pada tidak bisa digunakannya akun Gmail dan aplikasi Google lainnya.

Walaupun demikian, diharapkan pemilik Nexus bisa mendapat pembaharuan sistem untuk mengatasi bug ini. Namun, pihak Google juga mengatakan agar pemilik Nexus lainnya untuk tidak panik. Pasalnya bug ini tidak menyebar dan hanya mengenai perangkat dengan sistem Android 6.0 Marshmallow saja.

 

Baca juga artikel

Layar Sentuh Google Nexus 5X Bermasalah Kala Dicharge

Wah! Kaca Kamera Belakang Nexus 6P Mudah Retak

Video Tes Ketangguhan Google Nexus 6P, Ternyata Mudah Bengkok!

Artikel Lainnya

Komentar