Generasi Baru Zenfone Gunakan Chipset Qualcomm 618

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 17 Des 2015 | 19:09

Asus Zenfone telah menjadi salah satu smartphone yang cukup diminati banyak pengguna. Tak heran, Asus terus mengembangkan seri ini. Sebelumnya sempat beredar rumor, Asus Zenfone generasi terbaru akan menggunakan chipset terbaru Qualcomm Snapdragon 820. Tentu saja kabar ini menjadi perhatian pengamat gadget. Pasalnya, selama ini produk premium Asus identik dengan mesin Intel.

Namun, ternyata Asus tidak hanya menggunakan chipset Qualcoom kelas premium saja. Sebuah kabar terbaru menyebutkan Asus juga berencana menggunakan chipset kelas menengah dari Qualcomm. Kabar ini semakin menguat dengan munculnya sebuah perangkat bernama Asus Z012D yang muncul di website GFXBench. Dari sisi layar dan nomer model, perangkat ini memang identik dengan lineup Zenfone. Dan sepertinya, perangkat terbaru ini akan menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 618.

Baca juga: Asus ZenPad Theater Edition Hadir di Indonesia dengan Layar 7 Inci dan 6 Speaker

Menurut bocoran di GFXBench, perangkat ini hadir dengan prosesor Hexa-core dengan kecepatan 1,7 GHz. Untuk pengolah grafis, Asus menggunakan Qualcomm Adreno 510. Spesifikasi ini semakin menguatkan bahwa ini merupakan chipset Snapdragon 618.  Pasalnya, dalam Spesifikasi terbaru Samsung Galaxy A9 terpasang chipset Qualcomm prosesor Octa-core dengan GPU Adreno 510. Prosesor dalam Galaxy A9 tersebut disebut Snapdragon 620.

Spesifikasi lain dari Asus Z012D ialah smartphone ini akan menggunakan layar berukuran 5,5 inci dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 pixels. Untuk RAM, Asus menggunakan RAM 3GB yang dirasa cukup menghadirkan performa terbaik. Untuk sistem operasi, smartphone Asus Zenfone terbaru ini akan menggunakan OS Android 6.0. Tak lupa terpasang memori internal 32 GB.

Asus terus mengembangkan seri Zenfone beberapa tahun belakangan ini. Puncaknya, Asus merilis Asus Zenfone 2 pada Januari 2015 lalu yang menawarkan performa tinggi dengan harga yang terjangkau. Bahkan seri ini menjadi salah satu bahkan smartphone pertama dengan RAM 4 GB yang dijual dengan harga di bawah USD 300 Rp 4.2 jutaan.

Pada perkembangannya, untuk menemani Asus Zenfone 2 yang menggunakan prosesor Intel, Asus menghadirkan varian lain di keluarga Zenfone 2. Ada seri Zoom, Laser hingga Deluxe. Beberapa varian tersebut memang menggunakan prosesor Intel, namun sisanya menggunakan prosesor ARM. Kita tunggu saja kebenarannya di Januari 2015 esok saat even CES2016 digelar.

 

Baca juga artikel

Asus Zenfone Zoom Akhirnya Rilis Secara Resmi

Review Asus Zenfone 2 Laser: Kamera, Kinerja, dan Audio

Cara Setting Asus Zenfone 2 Laser Usai Beli

Artikel Lainnya

Komentar