Update Chrome Hadirkan Mode Data Saver Buat Hemat Kuota

Update Chrome Hadirkan Mode Data Saver Buat Hemat Kuota

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 10 Des 2015 | 17:47

Mengakses website dengan koneksi yang lambat memang sesuatu yang menjengkelkan. Apalagi bila website tersebut hadir dengan konten multimedia, tentu website akan sangat lama terbuka dan membuat boros kuota. Bila kamu tidak memiliki kuota internet unlimited tentu hal ini akan sangat menggangu. Maka, kamu membutuhkan cara yang tepat untuk menghemat penggunaan data.

Menyadari hal tersebut, beberapa pengembang aplikasi menghadirkan aplikasi untuk menghemat data. Sebut saja, Opera Max yang tentu saja berguna maksimal bila digunakan di browser Opera. Namun, bila kamu terbiasa menggunakan Chrome untuk Android, Google sudah menyiapkan sebuah fitur baru bernama Mode Data Saver. Sesuai namanya, fitur ini akan membantu kamu untuk menghemat data saay kamu browsing di berbagai website menggunakan browser Chrome di smartphone atau tablet Android. Menariknya, fitur ini akan dihadirkan Google dalam update terbaru Chrome untuk Android agar lebih efisien.

Baca juga: Logo Baru Opera Mini Browser Sambangi iOS dan WindowsPhone

Bila kamu menyukai fitur data saver, maka update yang dihadirkan Google akan membuat kamu semakin mudah kala browsing. Menurut Google, update tersebut akan hadir untuk membantu menghemat kuota data sebanyak mungkin hingga 70%.

Menurut blog Chrome, Google sudah mengupdate mode ini untuk memberikan penghematan data yang lebih besar. Fitur ini akan secara otomatis menghilangkan gambar saat membuka website dalam jaringan atau koneksi yang lambat. Setelah halaman website berhasil terbuka, kamu bisa mentap bagian untuk menampilkan gambar secara individual atau secara keseluruhan web. Dengan beberapa perubahan tersebut, membuka sebuah website akan lebih mudah, cepat dan murah saat di jaringan yang lambat.

Sekali lagi mode Saver data ini hanya tersedia untuk pengguna gadget Android saja. Google belum berencana menghadirkan mode ini untuk sistem operasi lainnya. Google dikabarkan sudah memulai update modei ini pada pengguna Chrome di India dan Indonesia sebagai yang pertama. Untuk wilayah lainnya, bersabarlah karena update ditargetkan selesai ke penjuru dunia pada akhir tahun ini.

 

Baca juga artikel

Browser Microsoft Edge Akan Hadir di Xbox One

Berselancar Nyaman Tanpa Iklan dengan AdBlock Browser

Lima Browser Ini Cocok Buat Ponsel dengan Kapasitas RAM Kecil

Artikel Lainnya

Komentar