Toshiba, Fujitsu dan Vaio Akan Jalin Kerjasama di Tahun 2016

Toshiba, Fujitsu dan Vaio Akan Jalin Kerjasama di Tahun 2016

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 09 Des 2015 | 09:20

Tiga perusahaan elektronik terkemuka di Jepang, dilaporkan akan melakukan kerjasama merger atau penggabungan dari divisi PC mereka untuk membuat sebuah perusahan PC terbesar di Jepang.

Nikei melaporkan bahwa Toshiba, Fujitsu dan Vaio tengah bernegosiasi serius untuk menentukan nasib perusahaan baru tersebut. Kabar terbaru menyebutkan bahwa perusahaan baru ini bisa saja diluncurkan pada April 2016.

Jika hal ini benar terjadi, maka perusahaan baru ini akan memiliki sekitar 30 % market share di kelas PC Jepang. Hingga saat ini pasar PC di Jepang masih dikuasai oleh NEC Lenovo Japan Grup, dimana perusahaan ini memiliki 26 persen market share.

Baca juga: Toshiba Rilis Seri Terbaru Portege A30-C, Tecra A40-C dan Tecra A50-C

Meskipun Toshiba, Fujitsu dan Vaio kesemuanya berada di Jepang, setiap perusahaan memiliki pangsa pasar internasional yang berbeda. Sebut saja Fujitsu yang menawarkan PC hingga laptop di Eropa. Produsen ini juga menghasikan produk kelas bisnis premium di Amerika. Toshiba juga memiliki pangsa pasar yang baik di wilayah Amerika untuk produk laptop dan PC. Sementara itu, Vaio yang tahun 2014 kemarin berpisah dengan Sony, juga sedang berusaha merebut pangsa pasar di Eropa dan Amerika dengan beberapa produk premium.

Namun, menurut beberapa pengamat jika ketiga perusahaan ini resmi memerger divisi PC mereka menjadi satu, Perusahaan baru ini tetap masih menjadi pemain kecil untuk pangsa pasar internasional. Apalagi pangsa pasar internasional masih dikuasai Lenovo, HP dan Dell. Namun, jika strategi dari perusahaan baru ini berhasil, bisa jadi perusahaan baru ini menjadi yang terbaik di pasar global.

Sayangnya, hingga kini belum jelas arah produksi dari perusahaan baru ini nantinya. Ada rumor yang menyebutkan bahwa perusahaan ini akan memproduksi produk-produk kelas menengah yang berkualitas namun tetap hemat dana.

Kini yang menjadi pertanyaan, nama apa yang akan digunakan perusahaan baru ini? dan siapakah yang akan menjadi perusahaan penggerak utama perusahaan baru ini, apakah Toshiba, Fujitsu atau Vaio? Kita tunggu saja tahun depan.   

 

Baca juga artikel

Toshiba Umumkan Notebook Bisnis Baru, A50-C dan R50-C

Fujitsu Stylistic R726 dan Lifebook T936 Baru Dijual Februari 2016

Fujitsu Stylistic Q555, Laptop Multifungsi Kerja Mumpuni

Artikel Lainnya

Komentar