Nexa3D NX1, Mencetak 40 Kali Lebih Cepat Dari Printer 3D Biasa

Nexa3D NX1, Mencetak 40 Kali Lebih Cepat Dari Printer 3D Biasa

Oleh Ardiansyah Hana on Rabu, 09 Des 2015 | 15:12

Saat ini ada banyak printer 3D tersedia di pasar. Sayangnya sampai saat ini masih ada permasalahan printer 3D yang sering dikeluhkan konsumen, yaitu proses printing yang memakan waktu lama. Banyak orang merasakan bahwa hal ini berlaku pula pada hampir semua 3D printer yang ada di pasaran.

Sekarang, permasalahan ini sudah ada solusinya. Adalah startup asal Italia, Nexa 3D, yang baru saja memperkenalkan 3D printer bernama Nexa3D NX1. Sang pembuat mengklaim bahwa produk buatannya merupakan 3D printer paling cepat di dunia, mampu mencetak 40 kali lebih cepat jika dibandingkan dengan printer 3D lainnya.

Soal desain, perangkat ini jauh dari sebutan mungil. Pasalnya, ia mempunyai bobot mencapai 15 kilogram, membuatnya sangat berbeda jika dibandingkan 3D printer rumahan lainnya. Namun, perangkat ini tampil sangat elegan seperti layaknya casing dekstop premium, menjadikannya cocok dijadikan sebagai hiasan ruangan.

Baca juga: Intip Keunggulan Smart Printer Canon PIXMA MG7770

Membahas soal kemampuan printing yang dapat dilakukan dalam waktu cepat ini dikarenakan penggunaan teknologi bernama LSPC (self-Lubricant Sublayer Photocuring), yang dirancang langsung oleh Nexa3D. Yang menarik, teknologi ini tidak hanya mempercepat proses cetak saja, melainkan dapat meningkatkan akurasi hasil cetakan.

Melalui adanya teknologi tersebut, Nexa3D NX1 dapat mencetak sebuah objek dengan tinggi mencapai 1 cm dalam waktu 1 menit saja. Untuk volume pencetakannya sendiri berkisar 120 x 90 x 200 mm, dengan resolusi panjang dan lebar 120 mikron.

Karena menggunakan teknologi hasil rancangan sendiri, maka NX1 hanya dapat dijalankan dengan cartridge khusus yang disediakan oleh pengembang. Namun, cartridge yang berbentuk tabung ini memiliki sistem yang baik karena memungkinkan Anda dapat memasang dan melepaskannya dengan mudah.

Hal menarik lain dari Nexa3D NX1 adalah konektivitas yang tak mengharuskan konsumen menyambungkan printer ke komputer. Karena, di dalamnya sudah tersedia jaringan Ethernet dan Wi-Fi, memungkinkan konsumen dapat mencetak hanya melalui web app pendukung. Tak hanya itu, disediakan pula port USB pada perangkat ini sehingga Anda dapat mencetak langsung dari file yang tersimpan di flash disk.

Printer 3D Nexa3D NX1 saat ini ditawarkan melalui situs Kickstarter dengan harga 1.485 Euro atau sekitar Rp 22 jutaan. Project ini rencanannya akan berlangsung hingga 26 Desember mendatang, dengan pengiriman yang baru mencakup konsumen di negara Amerika dan Eropa saja.

 

Baca juga artikel

Nexus 5X dan Nexus 6P Terkena Imbas Efek Bug Display

Dua Headset Gaming Teranyar Buatan Audio-Technica

Omate Rise, Smartwatch Android Lollipop Murah

Artikel Lainnya

Komentar