Nexus 5X dan Nexus 6P Terkena Imbas Efek Bug Display

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 08 Des 2015 | 15:06

Sistem operasi Android Google, Android 6.0 Marshmallow dilaporkan memiliki bug atau masalah pada display atau layar perangkat. Kabar bug display di Android Marshmallow ini terungkap diberbagai forum.Banyak pengguna smartphone Android 6.0 termasuk yang melakukan upgrade sistem, atau mereka yang baru membeli perangkat baru Android 6.0, melihat tampilan layar smartphone mereka menjadi buram. Beberapa pengguna juga mengabarkan bahwa warna yang dihasilkan tidak tajam dan seperti memiliki patahan warna.

Dugaan sementara, masalah tersebut muncul akibar berkurangnya rentang warna pada RGB. Sebelumnya, rentang warna RGB mulai dari 0-255 di sistem Android lama. Sementara itu, dalam sistem marshmallow rentang RGB dibatasi menjadi 16 – 235. Rentang RGB yang lebih rendah ini memberikan efek perangkat tidak bisa membaca warna hitam lebih sempurna.

Baca juga: Layar Sentuh Google Nexus 5X Bermasalah Kala Dicharge

Alhasil warna hitam pada perangkat Android 6.0 Marsmallow tidak terlalu hitam layaknya kebanyakan perangkat Android lainnya. Bug display ini kabarnya semakin tampak jelas pada smartphone dengan layar OLED.

Setidaknya beberapa perangkat Nexus 5X dan Nexus 6P terkena imbas efek bug display ini. Pengguna perangkat lain yang menggunakan Android 6.0 bawaan pun mengalami hal yang sama. Bahkan beberapa pengguna seri Nexus lama yang update ke Android 6.0 Marshmallow juga dilaporkan mengalami hal yang serupa.

Beberapa tim ahli Google yang menyadari hal tersebut segera mengecek bug dan berjanji akan segera mengatasi bug yang ada. Kabarnya bug ini akan segera diperbaiki melalui update Marshmallow berikutnya.

“Kami sudah mengetahui masalah yang serupa pada berbagai perangkat Nexus 6P dan Nexus 5X seperti yang dilaporkan di forum-forum. Masalah ini terjadi disebabkan adanya perbedaan dalam root sistem,” ujar pihak Google. Bila kamu mengalami bug display ini, kamu harus bersabar dan mengecek selalu sistem update di perangkat kamu.

 

Baca juga artikel

Wah! Kaca Kamera Belakang Nexus 6P Mudah Retak

Video Tes Ketangguhan Google Nexus 6P, Ternyata Mudah Bengkok!

Nexus 6P Versi 128 GB Kini Bisa Dipesan di Toko Online Huawei

Artikel Lainnya

Komentar