Omate Rise, Smartwatch Android Lollipop Murah

Omate Rise, Smartwatch Android Lollipop Murah

Oleh Ardiansyah Hana on Selasa, 08 Des 2015 | 11:46

Banyak fans yang kecewa soal batalnya smartwatch Android Wear LG Watch Urbane 2 yang akan dirilis bulan ini. Pasalnya, smartwatch ini disebut sebagai Android Wear pertama yang dilengkapi dengan fitur konektivitas seluler, sehingga membuatnya dapat dioperasikan sendiri tanpa perlu terhubung ke smartphone.

Namun, kekecewaan Anda tak perlu berkepanjangan. Sekarang ada sebuah startup asal Hong Kong, bernama Omate, yang merilis produk serupa. Smartwatch ini bertajuk Omate Rise dan dijual melalui salah satu situs crowdfunding.

Yang berbeda dengan LG Watch Urbane 2 adalah penggunaan sistem operasi yang bukan Android Wear, melainkan memakai OS Android 5.1 Lollipop. Meskipun demikian, Omate Rise menawarkan kemampuan serupa, yaitu dapat digunakan untuk melakukan panggilan, layaknya sebuah smartphone.

Untuk mengaktifkan konektivitas seluler, Omate Rise dilengkapi dengan sebuah slot microSIM card. SIM card tersebut dapat menangkap jaringan HSDPA, belum LTE. Sekalipun terdapat slot SIM card, namun pengguna tetap bisa menyambungkannya ke dalam smartphone berbasis Android ataupun iOS melalui Bluetooth, seperti smartwatch lainnya.

Baca juga: Beginilah Spesifikasi Resmi Smartwatch Fossil Q Founder

Pada sektor fisik, Omate Rise dibalut dengan bahan polycarbonate yang dipadukan bezel serat karbon. Sekalipun tampak biasa saja, namun layar pada perangkat ini sudah dilapisi kaca safir, juga memperoleh sertifikasi sehingga membuatnya dapa tahan terhadap air di kedalaman 1 meter.

Omate Rise juga hanya dilengkapi sebuah tombol saja, ditempatkan pada sisi kanan atas. Untuk diameternya sendiri adalah 44 mm, sedangkan ukuran lebar strap-nya hampir sama dengan smartwatch kebanyakan, yaitu 22 mm.

Soal layar, Omate Rise hadir dengan layar sentuh membulat yang memiliki ukuran 1.3 inch. Melalui resolusi 360 x 360 pixel, tentu saja tampilan OS Android 5.1 Lollipop yang dijalankan berbeda dengan tampilan Lollipop pada smartphone karena sudah mengusung tampilan antarmuka rancangannya sendiri, OUI 4.0, sehingga memudahkan navigasi yang dilakukan pengguna.

Di dalam smartwatch Android ini, hadir pula beberapa sensor yang dapat mendukung fitness tracking. Sedangkan performanya sendiri mengandalkan prosesor Dual Core 1,2 GHz, yang dipadukan dengan RAM 512 MB dan storage 4 GB. Tak lupa, wearable device ini pun mengemas baterai berkapasitas 580 mAh.

Rencanannya, Omate akan dipasarkan melalui situs Indiegogo pada tanggal 7 Desember 2015. Bagi Anda yang tertarik, Anda perlu menyiapkan budget sekitar US$ 200, dimana Anda pun akan mendapatkan bonus aksesoris berupa heart-rate monitor.

 

Baca juga artikel

Bipbip, Smartwatch Kaya Fitur Buat Jaga Anak

Tag Heuer Connected, Smartwatch Premium Harga Selangit

Habis Smartwatch, Terbitlah Rufus Cuff Wrist Communicator, Harga Rp 3 Jutaan

Artikel Lainnya

Komentar