Kamera Pentax 645Z IR Dirilis Untuk Penelitian Ilmiah

Oleh Aris Wibowo on Senin, 07 Des 2015 | 10:38

Setalah resmi mengambil alih produsen Pentax, Ricoh tampak serius melakukan pengembangan kamera khususnya kamera – kamera di kelas premium. Dan memasuki Akhir tahun 2015, Pentax secara resmi mengumumkan kehadirkan kamera terbaru bernama Pentax 645Z IR. Kamera ini merupakan kamera medium format infrared yang dibuat secara khusus untuk pengguna terbatas. Bahkan untuk bisa memiliki kamera ini, kamu harus menandatangani sejumlah perjanjian terlebih dahulu. Pasalnya, kamera ini memang sengaja dihadirkan untuk kepentingan penelitian.

Kamera Pentax 645Z IR hadir dengan teknologi yang cukup sensitive untuk menangkap objek dengan infrared. Hal ini terjadi karena sang pembuat kamera ini telah menghilangkan filter IR-cut yang terpasang di depan sensor pada seri sebelumnya. Kamera premium Pentax terbaru ini akan membuat pengguna untuk melakukan penyesuaian filter atas lensa, guna memotorng cahaya yang masuk.

Baca juga: Pentax Full Frame DSLR Hadir Awal Tahun Depan

Ricoh mengatakan tidak ada ketentuan untuk fitur autofocus saat kamera bekerja dengan teknologi infrared, cahaya berfokus pada jarak yang berbeda untuk cahaya yang terlihat. Ricoh menyarankan agar para pengguna kamera Pentax 645Z IR ini menggunakan fungsi magnify dari tampilan layar langsung di layar LCD putarnya.

Selain menghilangkan filter IR Cut, kamera ini akan menggunakan sensor 51,4 MP. Dengan sensor ini kamera bisa menangkap gambar lebih detail dan jelas layaknya kamera premium lainnya. Kamera ini juga hadir dengan scene mode terbaru, kontrol nirkabel dan kemampuan untuk merekam video HD.

Ricoh kabarnya akan menghadirkan kamera ini ke museum, perpustakaan, lembaga pemerintah dan lembaga penelitian lain. Kamera ini diharapkan bisa membantu kerja forensic dan merekam detail sebuah karta atau sebuah penelitian dengan baik. Kamera ini bahkan bisa merekam detail pada karya seni yang tersembunyi oleh lapisan cat yang telah pudar. Memotret dengan kamera infra merah dapat menggambarkan detail objek yang terkadang tidak bisa dilihat oleh mata manusia secara langsung.

Sayangnya, hingga saat ini, Ricoh belum mengumumkan harga resmi dari Pentax 645Z IR. Namun, kabarnya kamera ini akan dijual mulai januari 2016 mendatang.

 

Baca juga artikel

Pentax K-3 II Dibekali Fitur Terbaik untuk Memotret Benda di Angkasa

Leica Rilis Kamera Terbaru dengan Sensor 24 MP CMOS

Rumor Kamera Terbaru, Leica X-U Typ 113 dengan Fitur Menyelam

Artikel Lainnya

Komentar