Beginilah Spesifikasi Resmi Smartwatch Fossil Q Founder

Oleh Ardiansyah Hana on Kamis, 03 Des 2015 | 08:22

Beberapa waktu ini, Fossil memulai debutnya dalam pasar wearable device. Dalam peluncurannya kali ini, tak tanggung Fossil membawa 4 smartwatch sekaligus, yang tentunya menawarkan spesifikasi dan dijual dengan harga berbeda.

Dari keempat smartwatch Fossil yang diluncurkan tersebut, ada satu perangkat yang menarik perhatian. Perangkat ini adalah Fossil Q Founder, yang spesifikasinya sendiri baru saja diumumkan secara resmi oleh pihak Fossil.

 Berat  71.94 g
 Sensor  3-Axis Accelerometer, 3-Axis Gyroscope
 Kompabilitas  Android Devices 4.4+ and iOS 8.2+ / iPhone 5+
 Konektivitas  Bluetooth
 Water Resistant  Yes, IP67
 Baterai  400mAh

 

Untuk layarnya, smartwatch ini mengandalkan touchscreen yang dikemas dalam bentuk case dengan diameter 46 mm dan ketebalan sebesar 13 mm. Melalui penggunaan case dengan bahan stainless steel, maka tak heran jika ia memiliki bobot yang cukup besar, mencapai 72 gram.

Baca juga: Bipbip, Smartwatch Kaya Fitur Buat Jaga Anak

Di awal kemunculannya, Fossil Q Founder hadir menawarkan strap yang menggunakan bahan material stainless steel. Dilaporkan Digital Trends, kedepannya Fossil pun akan mendatangkan varian strap yang menggunakan material leather. Melalui strap yang memiliki lebar 22 mm, Q Founder juga turut dilengkapi sertifikasi IP67 yang membuatnya dapat tahan terhadap air.Sama halnya dengan Tag Heuer yang baru meluncurkan smartwatch Connected, perangkat ini pun dirancang dengan melibatkan perusahaan Google dan Intel. Dalam hal ini, Google bertugas untuk menyematkan sistem operasi Android Wear, sementara Intel merancang chipset yang menjadi otak dari jam tangan pintar ini.

Ditenagai OS Android Wear, ia juga kompatibel dengan perangkat smartphone ataupun tablet berbasis Android dan iOS dengan mengandalkan konektivitas Bluetooth 4.1. Tak lupa, ada pula dukungan internal storage dengan kapasitas sebesar 4 GB.

Yang membuatnya berbeda dengan smartwatch lainnya yaitu hadirnya beberapa fitur khas, seperti watch face yang dimodifikasi secara khusus serta fitur Q Curiosity yang memungkinkan user akan dihadapkan pada tantangan yang berbeda setiap harinya, sehingga membuat user tersebut beranggapan bahwa setiap hari merupakan hari yang sangat istimewa.

Dilengkapi dengan sederet sensor seperti gyroscope dan accelerometer yang dapat digunakan untuk fungsi fitness tracking, Fossil Q Founder juga turut dibekali baterai berkapasitas 400 mAh yang diklaim dapat bertahan selama 24 jam. Sementara untuk proses pengisian daya-nya mengandalkan sebuah dock khusus yang juga dapat Anda fungsikan sebagai meja display dari smartwatch ini.

Berbeda dengan Tag Heuer Connected, Fossil Q Founder dijual dengan bandrol yang jauh lebih terjangkau. Ia dibandrol dengan harga yang sangat kompetitif, yaitu US$ 295 atau setara dengan Rp 4.1 jutaan saja.

 

Baca juga artikel

Tag Heuer Connected, Smartwatch Premium Harga Selangit

Habis Smartwatch, Terbitlah Rufus Cuff Wrist Communicator, Harga Rp 3 Jutaan

LG Siapkan Smartwatch yang Bisa Nelpon Untuk Anak-anak

Artikel Lainnya

Komentar