NVIDIA Hadirkan Modul NVIDIA Jetson TX1 dengan Teknologi Machine Learning

Oleh Aris Wibowo on Sabtu, 28 Nov 2015 | 09:48

NVIDIA pertengahan November lalu kembali menghadirkan produk baru. Kali ini NVIDIA merilis sebuah modul seukuran kartu kredit yang memanfaatkan kekuatan machine learning untuk memungkinkan generasi terkini dari mesin yang pintar dan dapat belajar secara otonom.

Modul NVIDIA Jetson TX1 menghadirkan modul ini untuk menjawab tantangan untuk menciptakan inovasi baru perangkat pintar, Dengan modul ini, drones yang awalnya hanya bisa terbang jarak dekat saja, kini bisa terbang lebih jauh dengan modul terbaru ini. Tak hanya itu, Drones juga mampu menavigasi jalan melalui hutan atau untuk mencari dan menyelamatkan seseorang di hutan.

Drones dengan modul NVIDIA ini juga bisa mengawasi untuk sistem keamanan dan mengawasi kerumuran. Drones juga bisa dimanfaatkan untuk mengidentifikasi hal-hal atau aktivitas yang mencurigakan. Modul ini juga memungkinkan robot untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan baru dan dapat mempelajari kebiasaan baru. Inilah yang dimaksud dengan machine learning.

Baca juga: Nvidia Shield K1 2015 Resmi Dirilis dengan Sejumlah Perubahan

Jetson TX1 menjadi komputer embedded pertama yang dirancang untuk memproses jaringan saraf dalam software komputer yang dapat belajar untuk mengenali objek dan informasi internet. Teknologi baru Mechine learning dapat digunakan untuk melakukan tugas-tugas kompleks seperti mengenali gambar, memproses percakapan, atau menganalisa sebuah ruangan penuh dengan furniture, hingga menemukan jalan untuk bernavigasi dalam ruangan tersebut. Machine learning menjadi teknologi inovatif yang akan memberikan perangkat teknologi kemampuan belajar secara otonom. Ini merupakan lompatan besar dalam dunia teknologi.

Dengan kinerja terbaru, 1 teraflop, Jetson TX1 memberikan kinerja yang luar biasa. Dibandingkan generasi sebelumnya, teknologi machine learning, computer vision, GPU computing dan grafis dalam modul NVIDIA terbaru ini sangat baik.

“Modul NVIDIA Jetson TX1 akan memungkinkan perangkat generasi baru untuk belajar secara otonom,” ungkap Deepu Talla, Vice Presiden and General Manager Tegra Business NVIDIA. “ Modul ini akan bernavigasi dengan sendirinya, mengenali objek dan wajah, serta menjadi semakin cerdas melalui teknologi machine learning. Modul ini akan memudahkan pengembang lainnya untuk menciptakan produk baru yang berbeda dan unik,” tambah Deepu Talla.

 

Baca juga artikel

Teknologi NVIDIA Dipakai Pada Sebuah Mikroskop

Tablet Mirip Nvidia Shield Dibanderol Seharga Rp 4,3 Jutaan

Lagi, Nvidia Tarik Shield Pro Dari Pasaran

Artikel Lainnya

Komentar