Ini Spesifikasi Ponsel yang Bisa Jalankan Fitur Continuum Windows 10

Oleh Aris Wibowo on Sabtu, 28 Nov 2015 | 16:07

Kehadiran sistem Windows 10 menjadi salah satu gebrakan baru dari Microsoft untuk menjembatani dunia desktop dan dunia mobile. Tak heran, Microsoft menghadirkan berbagai fitur menarik dalam sistem terbaru ini. Salah satunya fitur Continuum. Dengan fitur ini, smartphone Windows 10 bisa digunakan layaknya sebuah desktop PC dengan dihubungkan ke sebuah perangkat dock, lengkap dengan penghubung keyboard, mouse, dan monitor.

Awalnya kehadiran fitur Continuum ini akan bisa digunakan diberbagai perangkat Windows 10. Namun, ternyata untuk smartphone Windows 10 ada batasannya. Baru-baru ini Microsoft merilis bahwa untuk menggunakan fitur ini dibutuhkan spesifikasi hardware yang powerfull. Setidaknya, smartphone Windows 10 milikmu harus menggunakan chipset Snapdragon 808 atau Snapdragon 810.

Selain harus menggunakan dua prosesor tersebut, smartphone Windows 10 yang ingin menggunakan fitur Continuum haruslah memiliki RAM 2 GB dan memori internal minimal 8 GB. Tak hanya itu, smartphone juga harus memiliki Bluetooth 4.0 dan WiFi 802.11n.

Baca juga: Axioo Rilis Dua Ponsel Android Baru dengan RAM 3 GB

Microsoft juga merekomendasikan smartphone haruslah memiliki layar dengan resolusi full HD 1080 x 1920 pixels. Setidaknya, untuk performa maksimal, smartphone ini harus menggunakan RAM 3 GB. Namun, bila kamu hanya memiliki ponsel Windows 10 dengan layar resolusi HD 1280 x 720 Pixels dan RAM 2 GB, itu sudah cukup.

Spesifikasi tersebut dapat dengan mudah kamu temukan di smartphone Windows 10 terbaru seperti Lumia 950, Lumia 950 XL hingga Acer Jade Primo. Memang hanya ketiga ponsel ini saja yang saat ini dilengkapi support fitur continuum.

Sayangnya lagi, tidak semua smartphone dengan spesifikasi minimum di atas, RAM 2 GB dan layar HD 720p bisa menggunakan langsung fitur continuum. Microsoft mengatakan, smartphone tersebut haruslah dari produsen yang bekerjasama dengan Microsoft.

Dengan fitur Continuum kamu bisa menikmati Windows 10 di layar lebar menggunakan CPU smartphone. Dalam fitur ini fungsi start screen akan sama seperti start menu. Kamu bisa menggunakan keyboard dan mouse melalui Bluetooth atau USB. Dengan fitur ini kamu bisa menerima panggilan atau melakukan panggilan sembari mengedit dokumen di layar lebar.

   

Baca juga artikel

Samsung W2016, Ponsel Lipat Berspesifikasi Mampuni

Samsung dan Asus Jadi Brand Paling di Cari Konsumen Saat Belanja Online

Leica Rilis Kamera Terbaru dengan Sensor 24 MP CMOS

Artikel Lainnya

Komentar