Survey: Ternyata Smartphone Berlayar 4,7 Inci Banyak Peminatnya

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 24 Nov 2015 | 12:00

Jika kamu masih meragukan kepopuleran smartphone buatan Apple, mungkin laporan dan hasil survey dari DeviceAtlas akan mengubah cara pandangmu terhadap Apple. Memang dalam survey kali ini, DeviceAtlas menghadirkan banyak kategori. Namun, dari sekian banyak kategori, kategori layar atau lebih tepatnya ukuran layar dan resolusi layar menjadi perhatian utama dalam survey akhir tahun ini.

Layar menjadi pilihan utama survey karena bagian ini cukup penting dalam sebuah smartphone. Bagian ini menjadi komponen yang langsung digunakan untuk berinteraksi oleh pengguna smartphone. Layar juga menjadi patokan beberapa produsen dalam menghadirkan dimensi perangkat.

Dalam hasil survey DeviceAtlas, data diambil secara acak melalui web traffic yang juga menghadirkan informasi seperti sistem operasi, browser hingga layar. Menurut laporan yang ada, layar berukuran lebar lebih dari 5 inci terus berkurang peminatnya. Sementara itu, layar berukuran 4,7 inci masih menjadi pilihan pengguna dan menjadi yang paling populer penggunanya. Dari hasil survey ini juga tampak bahwa smartphone seperti phablet 5.5 inci dan layar di bawahnya (hingga 5,1 inci) perlahan meningkat penggunanya.

Baca juga: Pricebook Goes to Campus: STIKOM Interstudi, Review Gadget mu! 

Tak heran, produk Apple menjadi trend-setter smartphone. Apalagi, saat produsen Apple merilis seri terbaru iPhone dengan ukuran layar 4,7 inci. Hal ini meningkat dari generasi iPhone awal yang hanya 4 inci. Layar berukuran 4,7 inci sendiri menduduki peringkat pertama di wilayah USA dengan 41,5 %. Sedangkan layar 5,5 inci berada di posisi kedua dengan 13,8 %.

Dalam hasil survey selanjutnya, DeviceAtlas juga membahas tentang pixels layar. Dalam hasil tersebut, masih tampak resolusi layar yang paling populer digunakan ialah resolusi Full HD 1920 x 1080 pixels. Menariknya resolusi Quad HD 1440 x 2560 pixels mengalami peningkatan pengguna. Dibeberapa negara maju, seperti Amerika misalnya, Layar Quad HD terus meningkat mendekati 10%. Sementara itu, di negara India, layar QuadHD cukup diminati hingga 12%.

Dalam hasil survey lainnya, layar HD 1280 x 720 pixels berada di posisi ketiga sedangkan layar dengan resolusi 800 x 480 pixels diposisi keempat.

 

Baca juga artikel

Elephone Rilis Action Camera Fitur Video 4K

OnePlus X Ceramic Limited Edition Siap Rilis 24 November

Lenovo Gandeng Komunitas Travel dan Fotografi Untuk Memotret dengan PHAB Plus

Artikel Lainnya

Komentar