Layar Sentuh Google Nexus 5X Bermasalah Kala Dicharge

Oleh Aris Wibowo on Senin, 23 Nov 2015 | 14:30

Via Androidauthority

Google dan LG beberapa waktu lalu menghadirkan varian baru Nexus, Nexus 5X. Sayangnya, kesuksesan smartphone ini dipasaran sedikit terganggu dengan munculnya rumor yang menyebutkan pengisian baterai dengan USB Type-C bermasalah.

Kabarnya saat Nexus 5X diisi ulang, perangkat ini mengalami masalah pada bagian layar sentuh. Layar sentuhnya menjadi lag dan susah dioperasikan. Masalah ini terjadi saat smartphone diisi dengan charger dan kabel bawaan.

Menurut berbagai diskusi di Forum internet Google Nexus, hingga forum XDA, masalah yang terjadi dalam kasus ini bukan berasal dari bagian layar. Setelah melakukan berbagai percobaan, ditemukan penyebab lag-nya layar touchscreen justru berasal dari charger bawaan untuk USB Type C. Faktanya, charger bawaan Nexus terbaru hadir dengan bahan plastik pada bagian grounding pin, tidak berbahan metal.

Baca juga: Adu Spesifikasi Smartphone Nexus 5X Versus OnePlus 2

Tak heran kala Nexus 5X diisi baterai menggunakan USB Type A dan USB Type C Charger, semua berjalah lancar. Namun, tentu saja perangkat tidak bisa mengisi daya secepat saat menggunakan kabel USB Type C.

Masalah charger USB Type C ini sudah dilaporkan berbagai pengguna Nexus 5X yang dibuat pada bulan September lalu. Namun, beberapa pengguna smartphone di bulan Oktober juga mengalami problem yang sama.

Kamu bisa mengecek bulan produksi dengan melihat dari wadah box Nexus ataupun kamu bisa mencari lewat serial number. Bila perangkat Nexus milikmu memiliki serial number dengan awalan 509 itu artinya diproduksi pada bulan September. Bila berawalan 510 itu produksi bulan oktober dan 511 untuk produksi November. Angka 5 diawal serial number sendiri merupakan penunjukan tahun 2015 dan dua angkan dibelakangnya menunjukkan bulan.

Bila kamu sudah mengetahui serial number smartphone Nexus 5X milikmu, kamu bisa mengecek perangkat milikmu apakah bermasalah atau tidak? Bila bermasalah coba gunakan charger non original untuk mengetahui layar sentuh merespon atau tidak kala di charge.

 

Baca juga artikel

Ini Alasan Kenapa Nexus 5x dan 6P Tidak Punya Wireless Charging

Perlukah 8 Fitur Ini Ada di Google Nexus 5x?

8 Fitur Terbaik yang Buat Kamu Ingin Beli Google Nexus 5X

Artikel Lainnya

Komentar