Facebook Messenger Kini Hadirkan Stiker Berbayar

Oleh Aris Wibowo on Senin, 23 Nov 2015 | 16:56

Via phandroid

Sejak pertama kali dirilis Facebook tidak pernah menghadirkan stiker berbayar untuk meramaikan Facebook Messenger. Namun, kali ini sebuah pengembang asal Singapura, PicoCandy merilis beberapa paket stiker berbayar dengan harga mulai USD 0,9 – 1,9.

Seperti ditulis laman web TechCrunch, stiker dalam dunia perpesanan memang tumbuh pesat di Asia. Awalnya, tren ini dikembangkan oleh Line, Mobile Messaging dari Jepang. Seiring perkembangannya, stikers pun mulai merambah dunia barat. Stikers dianggap bisa meramaikan komunikasi dan sarana untuk mengungkapkan sesuatu dalam berbalas pesan.

Facebook sendiri memiliki banyak pengguna aktif yang saling berkirim pesan. Facebook juga menghadirkan stikers namun gratis. Stiker-stiker dalam Facebook Messenger tersebut berupa tokoh-tokoh seperti Lego hingga Despicable Me. Kehadiran tokoh ini merupakan kerjasama Facebook dan brand tokoh tersebut. Dari sinilah Facebook meraih untung dalam hal stiker yang gratis.

Baca juga: 5 Game Facebook Terbaik dan Populer di 2015

Padahal, dua tahun yang lalu, Line sukses meraup keuntungan 10 juta Dollar per bulan dari penjualan stiker di perpesanan. Jumlah pendapatan ini terus meningkat seiring berkembangnya persaingan aplikasi perpesanan di gadget. Sayangnya, beberapa perusahaan perpesanan lainnya tidak terlalu mengupdate stikers sehingga banyak pengguna yang bosan.

Maka PicoCandy mencoba menawarkan sesuatu yang baru dan lebih segar baik di Android dan iOS. Untuk menggunakan stiker berbayar ini, kamu harus mengunduh dulu aplikasi PicoCandy. Untuk mendapatkan stiker berbayar atau stiker gratis baru, kamu bisa membuka dulu aplikasi PicoCandy baru Facebook Messenger. Langkah ini memang sedikit merepotkan dan membuat banyak pengguna FB merasa malas menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Ribetnya proses ini disebabkan Facebook tidak mengintegrasikan aplikasi lain dalam Facebook Messenger. Hal ini juga berlaku dalam hal menggunakan GIF pada Facebook Messenger. Kamu juga harus menggunakan aplikasi ketiga untuk mengirim GIF di Facebook Messenger.

PicoCandy sendiri merilis stiker berbayar dengan konten khas Inggris. Namun, PicoCandy menjanjikan akan menghadirkan konten global dengan bagian konten lokal. Tak hanya itu, diharapkan PicoCandy juga segera terintegrasi dengan Facebook Messenger sehingga bisa mudah mengirim stiker berbayar.

 

Baca juga artikel

Wah, Ternyata Facebook iOS Membuat Baterai iPhone Boros

Update Facebook iOS dengan 3D Touch Support Minor Update

Signal, Fitur Baru di Facebook untuk Jurnalis

Artikel Lainnya

Komentar