Bug iOS 9, Chrome Untuk iOS Tidak Bisa Menampilkan Keyboard

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 18 Nov 2015 | 18:04

Kehadiran iOS 9 awalnya menjadi andalan Apple dalam bersaing di segmen sistem operasi. Sistem ini pun meraih banyak pujian karena terbukti lebih baik dan cukup meningkat dibanding iOS 9. Sistem ini bahkan dibekali berbagai fitur baru sehingga memberikan pengalaman baru bagi pengguna perangkat apple. Bahkan Apple berani menjanjikan pengalaman ini lebih baik dibanding sistem Android.

Namun, ternyata dibalik hal-hal baru dalam iOS 9, sistem ini masih menyimpan banyak bug. Bug yang cukup parah merupakan bug pada touch ID dan brower Safari. Namun, Apple segera mengatasi hal tersebut dengan update iOS 9.1 dan segera menyusul iOS 9.2.

Seperti dikutip dari ubergizmo, kini muncul lagi bug baru dalam iOS 9. Dikabarkan oleh beberapa pengguna iPad dan iPhone yang menggunakan iOS 9 bahwa aplikasi Chrome dalam perangkat mereka tidak bisa menampilkan keyboard dari aplikasi pihat ketiga. Hal ini tentu mengagetkan banyak pihak. Penyebab utamanya memang Google senin kemarin telah mengupdate brower Chrome untuk iOS dan menonaktifkan semua keyboard dari pihak ketiga.

Baca juga: 4 Perubahan Besar Akan Datang Pada Update iOS 9.2

Untuk kamu pengguna Chrome mobile yang sudah mengupdate ke versi 46.0.2490.85, kamu akan mengalami bug ini. Google dalam update ini memang mengganti beberapa log sehingga menyebabkan bug dalam iOS 9 dan membuat keyboard pihak ketiga tidak bisa muncul. Artinya, untuk bisa mengetik di brower chrome kamu hanya bisa menggunakan keyboard bawaan iOS saja. Hal ini memang tidak menjadi masalah besar bagi kamu yang menikmati keyboard bawaan Apple. Namun, tetap saja bug ini cukup menggangu bagi pengguna yang sering mengkostum aplikasi pihak ketiga di perangkatnya.

Sebagai solusi Bug ini, kamu untuk sementara memang harus menggunakan keyboard bawaan iOS  selama menggunakan browser Chrome. Kalau tidak, kamu harus menghapus chrome yang telah diudpate dan menggantinya dengan chrome versi lama.

Bicara browser Google Chrome, Googel beberapa waktu lalu juga telah merilis beta version yang sudah support 3D touch. Dengan update ini diharapkan pengguna chrome di iOS bisa menjelajah dengan lebih mudah dan cepat.

 

Baca juga artikel

Awas! Update iOS 9.1 Membuat Touch ID Bermasalah

iOS 9.2 Public Beta Resmi Dirilis, Mau Coba?

iOS 9 Sudah digunakan 61% Perangkat Apple di Dunia

Artikel Lainnya

Komentar