5 Perbedaan Android Marshmallow vs Lollipop yang Perlu Kamu Tahu

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 18 Nov 2015 | 10:43

Android Marshmallow sudah tersebar ke beberapa smartphone. Generasi penerus sistem Android ini sebelumnya sudah bisa dinikmati seri Nexus terlebih dahulu dan menyusul beberapa perangkat premium lainnya. Dalam perbedaan Marshmallow dan Lollipop di bawah ini, Pricebook akan membahas hal baru apa saja yang lebih baik dari sistem sebelumnya dalam sistem terbaru ini.

App permissions

Dalam Android Marshmallow, Google akhirnya menghadirkan app permisions yang lebih baik. Ijin permintaan aplikasi dibuat lebih terintergrasi sehingga memudahkan kamu dalam memberi ijin sebuah aplikasi pada smartphone milikmu. Sebelumnya, dalam Lollipop, kamu harus mengijinkan semua perijinan yang diminta aplikasi sebelum bisa mendownload aplikasi dari Play Store. Namun, dalam Android 6.0, kamu tidak akan seperti itu. Kamu kini bisa memilih secara spesifik, hal apa saja yang diijinkan pada sebuah aplikasi. Misalnya, kamu bisa mengijinkan aplikasi untuk mengakses microphone saja atau mengakses kamera saja.

Baca juga: 6 Fitur di Android Marshmallow yang Buat Kinerja Ponsel Makin Canggih

Daya Baterai

Salah satu hal yang masih menjadi kendala smartphone hingga kini ialah borosnya baterai. Memang dalam Android Lollipop, Google cukup baik menghadirkan sistem baterai sehingga tidak boros. Namun, ternyata dalam Android Marshmallow hadir selangkah lebih maju. Sistem terbaru ini bahkan hadir dengan sistem battery saving terbaru. Bahkan terdapat sensor khusus yang akan mendeteksi apakah smartphone sedang digunakan atau tidak. Dengan fitur ini daya baterai smartphone dengan OS Marshmallow diklaim meningkat signifikan.

Google Now on Tap

Google Now memang hadir dengan perubahan tak terlalu besar dalam sistem terbaru ini. Kini kamu cukup menekan secara lama tombol home dan nantinya kamu akan menscan apapun yang ada di layar seperti webpage atau aplikasi yang sedang berjalan. Bahkan kini bila ada seorang kawanmu yang mengirim pesan tentang sebuah restaurant, Google Now on Tap akan langsung mendeteksi dan menampilkan peta alamat restaurant tersebut.

Fingerprint Sensor

Dalam Android Marshmallow, kamu akan menemukan sistem fingerprint sensor yang lebih baik. Google bahkan sudah menghadirkan standar untuk fingerprint sensor berbeda dengan Android Lollipop yang memiliki sensor yang berbeda-beda.

USB Type C

Fitur ini memang bukanlah software. Namun, dalam Android 6.0, Google sudah menghadirkan teknologi untuk USB 6.0 ini. Kamu kini bisa menggunakan USB type C untuk mengisi daya perangkat lainnya atau memindahkan data dengan lebih cepat. Kedepannya USB type C akan menjadikan standar di semua smartphone dan tablet.

 

Baca juga artikel

Google Maps Android kini Bisa Digunakan Offline, Ini Caranya!

Tahukah Kamu? Google Now Voice Search Dibekali Fitur MultiBahasa

Google Play Dapat Update Support Fingerprint Authorization

Artikel Lainnya

Komentar

Bima Satria 18 November 2015 - 14:50
USB Tipe C emang bakal jadi standar baru nih