Update Fitur Search Dalam iTunes App Store Semakin Pintar

Oleh Aris Wibowo on Senin, 16 Nov 2015 | 14:15

Mencari sesuatu di iTunes App Store memang terbilang mudah. Apalagi, bila kamu mencari sesuatu yang lebih spesifik seperti aplikasi dan lagu, maka hasilnya akan cepat muncul. Namun, bila kamu mencari sesuatu dengan nama yang umum atau topik yang umum, tentu saja hasil pencarian akan sangat banyak dan terkadang tidak nyambung dengan apa yang kamu cari. Untungnya, Apple menghadirkan sebuah berita baik untuk membenahi hal tersebut.

Berita terbaru dari laman techcrunch menyebutkan Apple telah menghadirkan beberapa perubahan pada fitur search dalam iTunes App store. Apple mengubah algoritma dalam fitur  search sehingg kini lebih pintar dalam mencari sesuatu dan mampu menampilkan hasil yang lebih relevan. Menurut laporan tersebut, Apple menghadirkan perubahan ini pada awal 3 November lalu, namun baru bisa dirasakan beberapa pengguna iPad hingga iPhone beberapa hari ini.

Baca juga: 4 Perubahan Besar Akan Datang Pada Update iOS 9.2

Jika kamu masih belum memahami perubahan fitur search. Cobalah kamu cari atau ketik kata “Twitter”. Sebelum update, ketika kamu mencari Twitter, aplikasi seperti instagram juga ikut muncul dalam hasil pencarian. Hal ini terjadi karena twitter dan instagram merupakan media sosial yang cukup berkaitan. Namun, bila kamu kini mencari kata Twitter dalam iTunes, yang muncul adalah aplikasi Twitter pihak ketiga seperti Tweetbot hingga Twitterific. Tentu hasil pencarian terbaru ini sangat relevan dan memudahkan kamu mencari dalam mencari sesuatu dengan lebih mudah dan cepat.

Dengan perubahan algoritma ini, berbagai hal termasuk aplikasi akan disusun ulang. Sistem search hanya akan menampilkan aplikasi atau hasil pencarian yang banyak diakses orang hingga mendapat rating. Nantinya, pengguna Apple tidak akan menemukan aplikasi atau hasil pencarian yang tidak berguna. Ini diharapkan menjadi cara baru dalam berinteraksi di iTunes App Store.

Perubahan algoritma ini juga mempengaruhi dalam penyusunan aplikasi dan games di setiap kategori. Kini, pilihan top chart terpisah dengan Top free dan Top paid. Jadi kamu bisa mencari dengan lebih leluasa. Atau langsung menuju ke bagian top chart untuk aplikasi paling populer.

Jadi, sudahkah kamu merasakan perbedaan update iTunes App Store ini?

 

Baca juga artikel

Awas! Update iOS 9.1 Membuat Touch ID Bermasalah

iOS 9.2 Public Beta Resmi Dirilis, Mau Coba?

iOS 9 Sudah digunakan 61% Perangkat Apple di Dunia

Artikel Lainnya

Komentar