Diperbaharui pada Kamis, 12 November 2015 | 15:35

Google Temukan 11 Kelemahan Samsung Galaxy S6 Edge

Google baru saja menemukan 11 kelemahan Samsung Galaxy S6 Edge yang sangat berbahaya, padahal S6 Edge adalah perangkat yang saat ini dianggap paling sempurna dibandingkan dengan smartphone yang lain. Selain itu S6 juga sangat laris di belahan dunia manapun. Bahkan banyak konsumen yang sebelumnya membandingkan antara S6 Edge dengan iPhone 6 akhirnya memilih S6 Edge.

Kesempurnaan Galaxy S6 Edge tak lepas dari teknologi yang disematkan Samsung kedalamnya. Berbagai inovasi terbaru dan juga teknologi tercanggih sudah ada para masterpiece Samsung tersebut. Sebut saja diantaranya adalah layar lengkung di sisi kanan dan kiri, material premium,  dan fitur software yang luar biasa yang tak akan ditemui pada smartphone lain selain buatan Samsung. Namun semua kehebatan tersebut tak membuat S6 Edge lolos dari celah keamanan yang membahayakan.

Penemuan Google atas kelemahan S6 Edge tersebut merupakan kerja dari Google Project Zero yang merupakan departement pengembangan teknologi di Google. Tim peneliti yang beranggotakan pekerja di Project Zero ini juga mengajak peneliti keamanan dari Samsung untuk bersama-sama mencari celah keamanan di S6 Edge. Setiap tim beranggota 5 orang.  Kesimpulan yang didapatkan ada 11 celah keamanan yang bisa membuat hacker membobol dan mengambil alih S6 Edge dan mencuri data-data penting di dalamnya.

Baca juga: Video Duel Kecepatan dan Kamera Xperia Z5 Vs Galaxy S6 Edge

Secara garis besar masalah keamanan itu mencakup 3 hal yaitu:

  • Mendapatkan remote akses ke kontak, foto dan pesan tanpa membutuhkan interaksi pengguna
  • Mendapatkan akses ke kontak, foto dan geolokasi dari aplikasi Google Play yang tanpa disertai ijin
  • Mengeksekusi kode tertentu setelah mendapatkan akses pada poin 1 dan 2 di atas.

 

Lebih lanjut Google menyebutkan beberapa beberapa permasalahan tersebut seperti dikutip dari Googleprojectzero.blogspot.co.id berikut ini.

  • Samsung WifiHs20UtilityService path traversal
  • Samsung SecEmailComposer QUICK_REPLY_BACKGROUND permissions weakness
  • Samsung SecEmailUI script injection
  • Driver Issues
  • Image Parsing Issues
  • Severity and Mitigations
  • Dan masih beberapa lagi yang tak disebutkan

Berdasarkan laporan Samsung, 8 dari 11 masalah tersebut telah diperbaiki secara online dan 3 masalah lain akan dirampungkan bulan ini. Jadi kalian yang punya S6 Edge rajin-rajinlah mengupdate smartphone kalian.

 

Baca juga artikel

Samsung Bersama Marvel Siapkan Galaxy S6 Edge+ Ant-Man Edition

Update Baru Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge Berisi Aplikasi dari Microsoft

Pilih Mana, Samsung S6 Edge+ atau Apple iPhone 6 Plus?

 

Like us!
Alena Yulitta

Contributor

710 Posts