Mengenang Pahlawan dengan Aplikasi Android Pahlawan Jambi

Oleh Ardiansyah Hana on Selasa, 10 Nov 2015 | 18:51

Hari Pahlawan sedang diperingati. Sudahkah Anda bersyukur dan berterimakasih atas jasa pahlawan yang diberikan pada bangsa Indonesia?

Sepertinya, hanya mengucapkan terima kasih memang tidak cukup. Tapi, kita dapat meneladeni sikap dan perbuatan pahlawan yang baik, sehingga semua orang akan lebih cinta terhadap tanah air.

Untuk meneladeni sikap pahlawan, tentu saja Anda harus mengenal para pahlawan dengan baik. Salah satunya dengan membaca cerita pahlawan asal Jambi, yang dapat Anda lakukan melalui aplikasi Android “Pahlawan Jambi”.

Peran tokoh pahlawan dari Jambi tidak akan lepas dari sejarah berdirinya Indonesia. Dengan berani, mereka mengorbankan semua hal demi membela kemerdekaan Indonesia, khususnya di provinsi Jambi. Hal tersebut dilakukan masyarakat Jambi mulai zaman kerajaan sampai sesudah kemerdekaan Indonesia.

Melalui aplikasi Pahlawan Jambi, Anda dapat mengetahui semua informasi mengenai pahlawan yang berasal dari provinsi ini, mulai dari tokoh-tokoh pahlawan, sejarah perjuangan rakyat Jambi, benda peninggalannya dan mini game mengenai tokoh kepahlawanan Jambi, sehingga membuatnya cocok dijadikan sebagai sarana edukasi untuk generasi muda dan anak-anak.

Baca juga: Dengarkan Pidato Bung Tomo di Aplikasi Hari Pahlawan

Di dalam menu tokoh pahlawanan, Anda akan mengetahui daftar tokoh pahlawan terkenal yang berasal dari Provinsi Jambi, seperti Kolonel Abunjani, Depati Parbo, Raden Mattaher, Orang Kayo Hitam, Sakiban, serta Sultan Thaha Syaifuddin yang masuk ke dalam daftar pahlawan nasional.

Pada bagian menu sejarah perjuangan, Anda dapat membaca cerita sejarah perjuangan rakyat di provinsi Jambi, dilengkapi dengan ilustrasi yang cukup mudah untuk dipahami oleh pengguna.

Berlanjut ke menu Peninggalan Sejarah, terdapat koleksi alat dan benda yang dimiliki dan digunakan oleh para pahlawan Jambi, seperti Batu Rajah, Menara Air, Pedang Hulubalang, Keris Siginjai, Selendang Merah, Keris Cundrik dan pesawat Catarina RI 005.

Sementara menu terakhir adalah Quis, merupakan game edukasi yang mampu menguji wawasan Anda mengenai kepahlawanan Jambi. Game tersebut hadir dalam dua model, yaitu tebak tokoh dan pilihan ganda.

Hadir dengan user interface yang simple, aplikasi ini hadir dengan font yang dapat diatur ukurannya, sehinga nyaman dipandang dan dapat diakses oleh semua umur. Selain itu, aplikasi Android ini pun dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store.

Perlu diketahui, aplikasi Pahlawan Jambi memiliki minimum pengoperasioan perangkat, yaitu untuk smartphone dan tablet Android yang berjalan pada OS 2.2 Froyo keatas. Dengan size yang ringan, 4 MB, tidak ada salahnya Anda menginstall aplikasi satu ini sekarang!

Download aplikasi Pahlawan Jambi untuk perangkat Android

 

Baca juga aplikasi

DP BBM, FB, dan Twitter Bertema Hari Pahlawan 10 November 2015

Belajar Sejarah Lewat Aplikasi eBook Android “Pahlawan-Pahlawan Bangsa”

Facebook Akan Sediakan Tombol ‘Dislike’

Artikel Lainnya

Komentar