Awas! Update iOS 9.1 Membuat Touch ID Bermasalah

Oleh Aris Wibowo on Senin, 09 Nov 2015 | 13:44

Beberapa waktu lalu, Apple telah menghadirkan update iOS 9.1 untuk memperbaiki beberapa bug yang hadir dalam iOS 9. Namun, ternyata iOS 9.1 tidak sesempurna yang diperkirakan banyak pihak. Pasalnya beberapa laporan tentang bug di sistem ini terus bermunculan. Sebelumnya ada laporan yang menyebutkan bahwa iOS 9.1 mengalami masalah pada bagian alarm. Dilaporkan beberapa pengguna perangkat Apple bahwa alarm tidak berfungsi dengan baik. Hal ini tentu cukup menggangu bagi sebagian pengguna. Kini masalah serius dalam update 9.1 kembali dilaporkan beberapa pengguna.

Menurut sebuah postingan di forum Apple Community, tampaknya ada beberapa pengguna yang mengeluhkan bahwa fitur Touch ID ponsel mereka bermasalah. Beberapa pengguna menyebutkan Touch ID iPhone miliknya tidak berfungsi sama sekali atau malfungsi setelah mengupdate ke iOS 9.1. Masih menurut laporan tersebut, akibat update ini. Touch ID berjalan lambat dalam mengenali sidik jari pengguna. Lebih parah lagi, Touch ID sama sekali tidak bisa mengenali sidik jari pengguna.

Baca juga: iOS 9.2 Public Beta Resmi Dirilis, Mau Coba?

Seorang pengguna iPhone menuturkan bahwa Touch ID sebelumnya bekerja normal sebelum menginstal iOS 9.1. Setelah menginstal dan merestat perangkat barulah Touch ID tidak bekerja dengan baik. Pengguna lainnya juga mengklaim iPhone 6s miliknya bekerja cukup lambat kala mengenali sidik jari. Alhasil ia harus memasukkan passcode untuk bisa membuka iPhone.

Hingga kini memang belum jelas bagaimana bug ini terus berkembang. Pasalnya di negara lainnya, pengguna Apple iPhone 6 Plus yang menggunakan iOS 9.1 tidak mengalami masalah pada Touch IDnya. Banyak pihak di Forum Apple yang menyatakan ini masalah serius bagi Apple. Pasalnya saat iPhone atau iPad di hard reboot pun, touch ID masih belum bekerja normal pada iOS 9.1.

Touch ID pada perangkat Apple terbilang cukup penting. Selain untuk membuka ponsel. Touch ID juga memiliki banyak kegunaan lainnya termasuk pembayaran online. Jadi, diharapkan Apple sesegera mungkin untuk mengatasi masalah ini dengan merilis update 9.2.

 

Baca juga artikel

3 Games iOS Terbaik Bertema Halloween yang Wajib Kamu Coba

iOS 9 Sudah digunakan 61% Perangkat Apple di Dunia

Jawab Kritikan, Apple Bakal Rilis iPhone Layar OLED Fleksibel tahun 2018?

Artikel Lainnya

Komentar