Tahukah Kamu? Google Now Voice Search Dibekali Fitur MultiBahasa

Oleh Aris Wibowo on Sabtu, 07 Nov 2015 | 13:50

Beberapa waktu lalu, Google telah resmi memperkenalkan sistem terbaru Android 6.0 Marshmallow. Sistem ini pun sudah mulai diedarkan dibeberapa smartphone. Namun, tak hanya tampilan baru, sistem ini juga membawa banyak sistem baru termasuk penyempurnaan dari fitur OK Google.

Fitur OK Google sendiri sudah ada dalam sistem operasi sebelumnya. Fitur ini membuat Google bisa mengenali suara dengan baik dan cepat. Sehingga kamu bisa bertanya dan mencari sesuatu tanpa harus menyentuh layar sentuh. Namun, tahukah kamu bahwa fitur Google Voice Search sudah bisa mengenali berbagai bahasa sekaligus?.

Jika kamu hidup dalam keluarga besar yang memiliki banyak anggota dengan berbagai latar daerah dan negara, atau bila kamu tinggal dilingkungan yang menggunakan lebih dari dua bahasa untuk berbicara hingga bila kamu hendak mempelajari sesuatu dengan bahasa berbeda, maka fitur OK Google multilanguage atau multibahasa ini akan sangat berguna dan menguntungkan.

Baca juga: Google Play Dapat Update Support Fingerprint Authorization

Kamu hanya cukup mengunduh Google App terbaru di Play Store. Setelah berhasil menginstal, kamu tingga mengaktifkan bahasa-bahasa yang hendak digunakan. Fitur Ok Google search ini bahkan sudah dites langsung dengan 4 bahasa berbeda. Hasilnya cukup memuaskan. Ketika digunakan bertanya dan memerintah, Ok Google melakukannya dengan baik.

Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu bisa masuk ke Google App kemudian pilih Settings. Setelah itu tab  bagian voice dan tab lagi bagian languages atau bahasa. Pilih bahasa yang hendak kamu jadikan bahasa default. Kamu bisa memilih lebih dari 5 bahasa sekaligus. Setelah itu klik ok. Dan fitur multibahasa sudah bisa digunakan.

Google juga sudah memperbaharui sistem perintah dalam Ok Google. Kini kamu bisa mencari sesuatu dengan mudah. Misal, bila kamu ingin mengetahui jam berapa di negara tertentu kamu bisa berkata “What time is it in Tokyo? Atau Jam Berapa di Tokyo?”, Dalam fitur ini, kamu juga bisa memberi perintah membuka aplikasi, merekam video, memotret foto, mematikan dan menyalakan WiFi, Bluetooth dan lain-lain. Diharapkan Google Now akan semakin membantu pengguna smartphone.

 

Baca juga artikel

Google Voice Search Hadir Lebih Cepat dan Lebih Akurat

Kelemahan Lollipop Mulai Terungkap Sejak Marshmallow Dirilis

Tiap Minggu Google Play Store Gratiskan Aplikasi Berbayar

Artikel Lainnya

Komentar