Update Mozilla Firefox Tawarkan Fitur Pencegah Pencurian Data

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 05 Nov 2015 | 02:05

Mozilla resmi merilis update terbaru untuk browser Firefox. Dalam update kali ini, Mozilla bahkan menghadirkan fitur baru private browsing yang lebih terjaga dan private. Mozilla sendiri menyebut fitur terbaru ini dengan nama Private Browsing with Tracking protection. Mozilla menyadari masih banyaknya kejahatan dunia maya dan pencurian data secara online. Maka beberapa bulan ini, Mozilla fokus mengembangkan sistem keamanan dan private browsing.

Dalam update Firefox 42 ini, Mozilla membawa sejumlah perubahan untuk melindungi pengguna dari tracking liar. Fitur Tracking Protection akan memblokir kontes seperti iklas, analytic trackers dan tombol share dalam media sosial yang memungkinkan kamu menshare sesuatu dan tak sengaja data pribadimu juga ikut terekam. Fitur ini bahkan akan menghapus semua riwayat, history dan kebiasaan yang kamu kerjakan selama browsing sehingga tidak akan mudah dibajak hacker. Diharapkan dengan dipotongnya iklan dan beberapa konten akan membuat proses loading web semakin cepat dan kencang.

Baca juga: Khusus Selandia Baru, Mozilla Tes Firefox untuk iOS

Fitur Tracking protection ini memang belum diaplikasikan browser lainnya.Bahkan browser lainnya tidak memiliki fitur yang serupa dengan fitur terbaru Mozilla ini. Sebut saja Google yang hanya memiliki incognito mode dalam Google Chrome. Dalam mode incognito, browser akan menghapus history, cookies, dan search history setelah Windows ditutup. Namun, mode ini tidak memblok para trakers atau hackers yang bisa saja mengambil informasi dari web yang sedang kamu buka.

Private Browsing with Tracking protection ini kabarnya sudah tersedia di berbagai platform baik, Firefox Android, Windows, Mac dan Linux. Bila ternyata kamu tidak membutuhkan fitur ini, kamu cukup mematikan fitur ini dengan cara masuk ke settings – Privacy. Kamu bisa segera mengunduh update ini secara gratis.

Update lainnya, untuk versi desktop, Mozilla firefox menghadirkan indicator tab yang baru, login manager baru dan beberapa perubahan HTML5. Untuk versi Android, Mozilla menghadiskan panel navigasi yang lebih baik dan mobile login manager yang lebih baik. Terakhir, Mozilla juga akan segera merilis Firefox untuk iOS pada akhir tahun ini.

Download Firefox Browser for Android

 

Baca juga artikel

Mozilla Balas Dendam dengan Firefox 40 di Windows 10

Microsoft Rilis Perangkat Peripherals Baru untuk Pengguna Windows 10

Kenali 4 Virus Android Berbahaya ini pada Smartphone Kamu

Artikel Lainnya

Komentar