Sony Beri Jawaban Mengapa Xperia Z5 Tidak Boleh Diajak Menyelam

Oleh Tedi Yuni A on Rabu, 04 Nov 2015 | 21:34

Sony terkenal dengan ponsel tahan airnya. Sudah banyak produk yang diluncurkan khususnya untuk Xperia Z series. Sayangnya justru banyak kasus kerusakan ponsel Xperia Z yang diakibatkan karena terkena air.

Mengenai kasus ini. sebelumnya Sony juga pernah mengingatkan kepada pengguna ponsel Xperia khususnya yang tahan air untuk tidak diajak menyelam padahal ponsel tersebut sudah jelas-jelas dilengkapi sertifikasi IP65 dan IP68 yang artinya tahan terhadap air dan debu.

Menjawab kebingungan ini, Ika Paramita, Head of Marketing Sony Mobile Indonesia menjelaskan bahwa seri Xperia Z memang tahan terhadap air karena sudah dilengkapi sertifikasi IP65 dan IP68 dan mampu diajak untuk menyelam. Namun perlu diperhatikan penggunaannya pada beberapa hal, katanya disela-sela peluncuran Xperia Z5 series di Jakarta (4/11).

Baca juga: Resmi Meluncur, Ini Harga Xperia Z5 Series di Indonesia

Hal tersebut antara lain, semua lubang dan penutup tambahan harus sepenuhnya tertutup. Pengguna juga tidak boleh membawa ponsel menyelam lebih dari 1,5 meter dan waktunya tak boleh lebih dari 30 menit.

“Penggunaan di kolam renang boleh saja, asalkan setelah itu dibilas dengan air tawar. Tetapi perlu diperhatikan juga waktunya jangan sampai melewati batas yang sudah ditentukan karena itu bisa berakibat fatal. Banyak pengguna yang membawa Xperia Z series menyelam lebih dari 30 menit. Mungkin saking asiknya berenang mereka sampai lupa waktu,” ujar Ika menjelaskan.

Ditambahkan Ika, jika dalam penyelidikan kami kasus kerusakan tersebut terjadi akibat kelalaian pengguna, tentu saja garansi akan hangus, apalagi jika sampai di ajak menyelam di air asin (laut). Penggunaan perangkat yang tidak pada semestinya akan membatalkan garansi.”Jika kasusnya tertumpah air secara tidak sengaja, kehujanan, kecripatan air, ponsel cukup langsung dilap sampai bersih,” tegasnya. 

 

Baca juga artikel

Cara Setting Sony Xperia Z5 Compact Usai Beli

5 Tips dan Trik Mudah Menjalankan Kamera Sony Xperia Z5

Tonton Video Review Sony Xperia Z5 Compact Sebelum Kamu Beli

Artikel Lainnya

Komentar