Huawei Umumkan Chipset Kirin 950 pada 5 November Mendatang?

Huawei Umumkan Chipset Kirin 950 pada 5 November Mendatang?

Oleh Muhammad Kamaluddin on Sabtu, 31 Okt 2015 | 08:52

Jika selama ini dunia gadget lebih mengenal Qualcomm, MediaTek, Intel, dan Samsung sebagai perusahaan penyedia chipset prosesor bagi smartphone dan tablet, belakangan ini Huawei muncul sebagai salah satu nama yang siap menjadi pesaing serius bagi keempat vendor tersebut. Huawei yang awalnya hanya berfokus pada produksi smartphone dan tablet, kini mulai serius mengembangkan chipset sendiri dengan seri Kirin. Bahkan dalam waktu-waktu dekat ini Huawei bakal meluncurkan produk chipset terbarunya yakni Huawei Kirin 950.

Tidak kalah dengan chipset yang diproduksi oleh empat pengembang besar (Qualcomm, MediaTek, Intel, dan Samsung), Kirin 950 ini kabarnya telah dibekali dengan spesifikasi lengkap. Dengan demikian, nantinya chipset ini akan mampu menghadirkan peforma gahar pada smartphone yang menggunakannya.

Kirin 950 sendiri merupakan chipset prosesor berarsitektur 64-bit dengan mengusung prosesor delapan inti atau yang biasa dikenal dengan istilah Octa-core. Prosesor Octa-core ini nantinya bakal disusun dari Quad-core Cortex A53 dan Quad-core Cortex A72. Selain itu, chipset ini diklaim bakal mampu menghasilkan clock speed hingga 2,4 GHz yang siap menampilkan kinerja cepat dan responsif pada perangkat. Tidak hanya itu, chipset Kirin 950 ini pun bakal ditunjang dengan chip pengolah grafis sekelas Mali T880 yang siap mengolah dan menghadirkan grafis-grafis keren.

Baca juga: Huawei Glory Play 5X Siap Pre-Order Awal November 2015

Chipset yang dikembangkan oleh devisi Hi-Silicon Huawei ini nampaknya juga bakal didukung dengan co-prosesor audio DSP tersendiri yakni Tensilica Hi-Fi 4 DSP yang siap memanjakan para pengguna dengan kualitas audio yang ciamik. Selain itu, Kirin 950 ini nantinya juga akan dibelaki dengan co-Prosesor bernama i7 yang bertugas sebagai penghubung konektivitas, sensor, dan fitur keamanan.

Kehebatan chipset Kirin 950 besutan Huawei ini ternyata tak cukup sampai di sana. Chipset ini juga menawarkan dukungan RAM LPDDRA dua chanel, UFS 2.0 layaknya yang terdapat pada chipset Exynos 7402 buatan Samsung, serta memori penyimpanan eMMC 5.1 generasi terbaru. Kirin 950 juga menunjukkan kehebatannya untuk fitur fotografi, dimana chipset ini nantinya bakal mendukung sensor kamera hingga 42 MP. Selain itu chipset inipun dipastikan bakal mendukung fitur – fitur standart seperti koneksi LTE cat 10, USB 3.0, serta Bluetooth 4.2.

Nah, spesifikasi apik yang dibawanya ini, tak mengherankan jika chipset Kirin 950 ini disebut – sebut bakal menjadi penantang serius bagi chipset-chipset besutan Qualcomm, MediaTek, Intel, dan Samsung. Namun benarkah, chipset ini bakal memiliki kehebatan sebagaimana yang diprediksi selama ini? Mari kita tunggu saja peluncuran resminya yang kabarnya akan dilakukan pada tanggal 5 November 2015 mendatang.

 

Baca juga artikel

Huawei P8 Lite & Honor 6 Plus Bisa Pre-order di INDOCOMTECH 2015

Huawei Resmi Rilis Honor 5X, Smartphone Murah Berdesain Metal

Lumiere 503HW, Modifikasi Huawei P8 untuk Pasar Jepang

Artikel Lainnya

Komentar

Bima Satria 02 November 2015 - 11:42
gahar nih chipset huawei