Xiaomi Mi5 Bakal Pasang Fitur 3D Touch Ala iPhone 6s

Oleh Muhammad Kamaluddin on Kamis, 29 Okt 2015 | 17:24

Smartphone dengan fitur 3D Touch kini menjadi sebuah trend tersendiri yang mulai banyak dikembangkan oleh para vendor smartphone. Diawali dengan gebrakan yang dilakukan oleh pihak Apple melalui smartphone iPhone 6s dan iPhone 6s Plusnya, kini mulai banyak bermunculan produk – produk dengan fitur serupa dari vendor lainnya.

Setelah sebelumnya Huawei juga menggunakan fitur serupa bernama Force Touch pada Huawei Mate S dan Samsung yang dikabarkan tengah mempersiapkan Galaxy S7 nya dengan fitur 3D touch bernama ClearForce, kini giliran vendor asal China yakni Xiaomi yang dikabarkan siap ambil bagian dalam penggunaan fitur 3D touch ala iPhone.

Xiaomi bakal memasang fitur mirip dengan 3D touch milik iPhone 6s pada perangkat anyarnya, Xiaomi Mi5 yang kabarnya bakal segera dirilis akhir tahun ini. Jika memang nantinya Xiaomi Mi5 benar – benar mengusung fitur 3D touch ala iPhone 6s, hal ini akan semakin menegaskan pamor Xiaomi sebagai “apple-nya China”.

Ketenaran fitur 3D touch yang mulai trend saat ini memang sangat beralasan. Dengan fitur keren ini pengguna bakal lebih nyaman dan lebih mudah dalam mengperasikan smartphonenya. Fitur 3D touch memiliki sensor layar yang mampu membedakan dan mengenali serbagai jenis sentuhan dan tekanan jari penggunanya untuk kemudian diterjemahkan menjadi instruksi yang berbeda – beda.

Baca juga: Rumor Xiaomi Redmi Note 2 Pro Makin Kenceng, Berikut Bocoran Spesifikasinya!

Sementara itu, selain bakal menghadirkan fitur 3D touch, Xiaomi Mi 5 kabarnya juga bakal mengusung teknologi pemindai jari ultrasonik besutan Qualcomm yakni Qualcomm Sense ID. Fitur ini dapat mengenali sidik jari penggunanya secara detail dengan menggunakan gelombang ultrasonik. Hal ini tentunya akan memberikan keamanan ekstra pada smartphone.

Fitur ini merupakan fitur bawaan dari chipset terbaru besutan Qualcomm yakni Snapdragon 820. Dengan demikian hampir bisa dipastikan bahwa Xiaomi Mi5 nantinya bakal ditenagai oleh prossor dengan chipset anyar ini, Qualcomm Snapdragon 820.

Selain itu, sejumlah bocoran mengenai spesifikasi dari Xiaomi Mi5 pun sedikit demi sedikit mulai terungkap. Diantaranya ponsel ini dikabarkan bahwa nantinya akan hadir dengan layar berukuran 5,2 inchi dengan resolusi 1440 x 2560 pixels.

Sedangkan untuk menghadirkan peforma gahar, Xiaomi Mi 5 bakal dibekali prosesor Quad-core 2.2 GHz & quad-core 1.8 GHz dengan chipset Qualcomm Snapdragon 820, GPU Adreno 530, dan sistem operasi Android v5.1.1 atau Android v.6. Tidak hanya itu, sektor dalam pada perangkat ini juga didukung dengan RAM berkapasitas 4GB dan memori internal 32 GB atau 64 GB. Sementara untuk fitur fotografinya, Xiaomi Mi 5 di kabarkan bakal mengusung kamera utama berkekuatan 16 MP berpadu dengan kamera secondar berlensa 6 MP.

 

Baca juga artikel

Prosesor Helio X20 atau Snapdragon 820 di Tubuh Xiaomi Mi Note 2?

Rumor: Xiaomi Mi5 Smartphone Pertama dengan Qualcomm 3D Fingerprint

Rumor: Xiaomi Akan Rilis Mi5 dengan Snapdragon 820 dan RAM 4GB

Artikel Lainnya

Komentar