Chispet Snapdragon 820 Dilaporkan Overheating Saat Diujicoba

Chispet Snapdragon 820 Dilaporkan Overheating Saat Diujicoba

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 28 Okt 2015 | 20:03

Banyak smartphone saat ini menggunakan chipset dari Qualcomm karena dianggap lebih bertenaga. Kehadiran Snapdragon 820 sebagai chipset terbaru, awalnya diharapkan bisa menghapus kenangan buruk kasus overheating dalam chipset Snapdragon 810.

Namun, baru-baru ini sebuah kabar buruk hadir bagi kamu pecinta chipset Qualcomm. Pasalnya, chipset Snapdragon 820 yang merupakan seri perbaikan dari seri sebelumnya, juga dikabarkan mengalami kasus overheating. Hal ini tentu membuat Samsung bergerak cepat karena chipset ini rencananya akan dipasang dalam seri Samsung Galaxy S7. Samsung pun kini tengah mencari solusi yang pas agar overheating teratasi.

Baca juga: Qualcomm Klaim Snapdragon 820 Lebih Cepat Dari Exynos

Sebuah laporan menyebutkan Samsung tengah mencoba memperbaiki software yang akan bekerja dalam chipset 820 ini. Samsung akan mengupdate microprosesor control progam agar bisa membuat kinerja prosesor tidak overheating. Jika perbaikan software ini gagal, Samsung masih memiliki rencana lain. Samsung tampaknya akan menggunakan pipa penghantar panas untuk membantu panas dari chipset keluar. Cara ini sudah digunakan Sony pada Xperia Z5 yang menggunakan chipset Snapdragon 810. Kedua cara ini dianggap bisa memberi solusi overheating pada chipset Snapdragon 820.

Samsung sendiri menggunakan 14 nm FinFET. Chipset Snapdragon 820 kabarnya akan menghadirkan performa grafis 40 % lebih cepat dan 40 % lebih hemat dalam hal penggunaan baterai dibanding chipset sebelumnya, snapdragon 810. Snapdragon 820 sendiri dibuat menggunakan 20 nm.

Sebetulnya, chipset ini sudah ditunggu beberapa produsen untuk digunakan pada jajaran smartphone baru. Sebut saja Xiaomi Mi 5 dan Galaxy S7. Tak hanya kedua perangkat ini, masih ada smartphone premium dari LG dan HTC yang akan dirilis pada 2016 mendatang. Jika rumor overheating Snapdragon 820 ini benar adanya. Maka ini akan menjadi kabar buruk bagi Qualcomm. Banyak yang menduga Qualcomm akan mengalami kerugian besar dari rumor ini.

Walaupun demikian, overheating pada Snapdragon 820 ini masih sebatas rumor. Ditambah lagi, prosesor yang digunakan Samsung memang prosesor uji coba. Tampaknya, Samsung akan menghadirkan dua versi mesin lagi tahun depan yakni Exynos dan Snapdragon 820.

 

Baca juga artikel

Qualcomm Snapdragon 830 Siap Meluncur Tahun 2017, Benarkah?

5 Smartphone Keren dengan Chipset Qualcomm Snapdragon 808

Qualcomm Quick Charge 3.0, Dampingi Peluncuran Snapdragon 430 dan 617

Artikel Lainnya

Komentar