Qualcomm Klaim Snapdragon 820 Lebih Cepat Dari Exynos

Qualcomm Klaim Snapdragon 820 Lebih Cepat Dari Exynos

Oleh Muhammad Kamaluddin on Selasa, 27 Okt 2015 | 18:48

Sebagaimana diketahui, persaingan antara Qualcomm dan Samsung sebagai perusahaan pengembang chipset smartphone memang semakin sengit. Qualcomm dengan Snapdragon-nya dan Samsung dengan Exynos-nya memang terus beradu teknologi untuk menghasilkan chipset terbaik yang layak disematkan pada smartphone-smartphone kelas premium.

Namun demikian, beberapa waktu belakangan ini, Qualcomm mendapat banyak sorotan dari publik pengguna gadget. Masalahnya adalah chipset besutannya yaitu Qualcomm Snapdragon 810 dinilai memiliki sejumlah kekurangan, terutama pada masalah overheat.

Image Credit to Bidness

Yap, tidak dipungkiri, masalah overheat pada chipset Qualcomm Snapdragon 810 ini memang menjadi perbincangan banyak kalangan yang akhirnya menyudutkan pihak Qualcomm sebagai pengembangnya. Pamor Qualcomm sebagai salah satu pengembang chipset smartphone terbaikpun sedikit menurun akibat masalah ini.

Nah, menanggapi berbagai kritikan ini, pihak Qualcomm bergerak cukup cepat dengan segera mengembangkan suksesor Snapdragon 810, yakni Qualcomm Snapdragon 820. Bermodal hasil evaluasi dan analisis terhadap kekurangan yang terjadi pada generasi sebelumnya, Snapdragon 820 ini dikembangkan dengan lebih baik guna menutupi kelemahan-kelemahan yang timbul pada Snapdragon 810.

Baca juga: Qualcomm Snapdragon 830 Siap Meluncur Tahun 2017, Benarkah?

Meski belum resmi diluncurkan, namun chipset terbaru besutan Qualcomm ini nantinya diyakini tidak akan mengalami masalah overheat sebagaimana yang banyak dipermasalahkan pada chipset Qualcomm Snapdragon 810. Tidak hanya itu, chipset ini pun oleh pihak Qualcomm diklaim bakal menghadirkan kinerja 50% lebih cepat dan lebih baik dibanding dengan chipset keluaran Samsung, yakni Samsung Exynos 7420. Benarkah demikian?

Tentu saja hal ini masih sebatas klaim sepihak dari Qualcomm, pasalnya hingga saat inipun chipset Qualcomm Snapdragon 820 belum juga diluncurkan. Namun demikian jika nantinya memang benar Qualcomm Snapdragon 820 memiliki kinerja yang lebih cepat dari Exynos 7420, tentunya besar kemungkinan pihak Samsung bakal segera mengembangkan chipset baru yang siap menandingi kemampuan chipset baru besutan Qualcomm ini. Kemungkinan besar Samsung akan langsung menggunakannya pada perangkat premium terbarunya yang diprediksi bakal rilis tahun 2016 mendatang.

Samsung Exynos 7420 sendiri kini telah digunakan pada perangkat smartphone Samsung yakni Samsung Galaxy S6. Pihak Samsung pun menilai penggunaan chipset Exynos 7420 pada perangkat premiumnya ini merupakan hal yang tepat dan mampu menghadirkan peforma prosesor yang mumpuni pada perangkat tersebut.

Nah, mengenai kebenaran klaim dari pihak Qualcomm ini tentunya kita masih harus menunggu sampai chipset ini resmi diluncurkan dan benar-benar digunakan pada sejumlah produk smartphone nantinya. Namun, terlepas dari benar atau tidaknya klaim ini, yang jelas persaingan antara Qualcomm dan Samsung dalam menghadirkan chipset terbaik nampaknya akan terus berlanjut hingga beberapa waktu kedepan. Kita nantikan saja kabar selanjutnya.

 

Baca juga artikel

5 Smartphone Keren dengan Chipset Qualcomm Snapdragon 808

Qualcomm Quick Charge 3.0, Dampingi Peluncuran Snapdragon 430 dan 617

Begini Kata Qualcomm Soal Snapdragon 810 yang Kerap Overheat

Artikel Lainnya

Komentar

Bima Satria 27 Oktober 2015 - 20:26
kayanya bakal gahar nih