Google Play Dapat Update Support Fingerprint Authorization

Oleh Aris Wibowo on Senin, 26 Okt 2015 | 15:04

Beberapa waktu lalu, sempat beredar kabar bahwa Google Play store akan mendapat tampilan baru. Kabar ini tambahkan bukan sebatas rumor lagi. Pasalnya, bocoran penampakan update Google Play dalam versi Android 6.0 Marshmallow memang berbeda dari versi sebelumnya.

Google akhirnya mengubah penataan kategori dalam Google play store. Kini Google memisahkan konten entertainment dengan lebih baik dan rapi. Selain itu, Google juga menata ulang bagian search bar. Dan menghadirkan dua tab besar yakni tab “apps & games” dan “entertainment”.

Dibawah kedua tab tersebut, akan tersaji kumpulan-kumpulan aplikasi yang sudah direkomendasikan. Perubahan ini kabarnya sudah bisa kamu rasakan disebagian pengguna Android.

Selain mengubah tampilan, Google juga menghadirkan update lain pada Play Store. Google Play Store kini hadir dengan support fingerprint authorization untuk pembelian aplikasi. Hal ini sama seperti yang dihadirkan Apple dalam Touch ID di iPhone.

Baca juga: Kini Besar Maksimal Aplikasi PlayStore Menjadi 100 MB

Update ini akan segera hadir pada semua perangkat Android yang memiliki fingerpint sensor. Sayangnya, untuk saat ini support fingerprint authorization baru akan berjalan normal pada sistem Android Marshmallow. Hal ini disebabkan hanya Android 6.0 yang memiliki fitur fingerprint yang sempurna. Memang, dalam Android Lollipop sudah bisa untuk fingerprint sensor. Namun, sistem Android 5.0 ini dirasa masih memiliki banyak bug dan kekurangan. Maka Google lebih mengembangkan update ini untuk sistem Android 6.0.

Untuk mengaktifkan fitur Fingerprint Authentication, kamu cukup masuk ke menu setting di play store. Kamu akan menemukan sebuah pilihan baru di bawah user controls. Klik pilihan tersebut. Kamu akan diperintah untuk memasukkan akun Google dan password untuk mengkonfirmasi pengaktifan fitur ini.

Sekali diaktifkan, fitur ini akan mengenali aplikasi yang hendak dibekali. Kamu dapat mengkonfirmasi pembelian dengan fingerprint. Bila fingerprint masih gagal, Google tetap menyediakan tombol pilihan di layar untuk mengkonfirmasi pembelian secara manual. Kamu hanya cukup memasukkan password akun Google kamu dalam cara manual ini.

Kita lihat saja, apakah update ini akan bermanfaat kedepannya?

 

Baca juga artikel

Tips Pengunaan Gmail untuk Android yang Bisa Kamu Coba

Tiap Minggu Google Play Store Gratiskan Aplikasi Berbayar

Pilihan Email Client Terbaik di Android

Artikel Lainnya

Komentar