Raksasa e-commerce Cina, JD.com, segera hadir di Indonesia?

Oleh Tedi Yuni A on Jumat, 23 Okt 2015 | 08:05

Setelah Group Lippo meluncurkan Mataharimall.com pada September lalu, kompetisi pasar e-commerce di Tanah Air dipastikan bakal semakin panas dengan rencana masuknya raksasa e-commerce asal Cina, JD.com. Hal ini terungkap dengan dimuatnya logo corporate perusahaan berserta laman “coming soon” di website www.jd.id. Kabarnya domain tersebut dibeli pada April lalu melalui PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) senilai Rp 500 juta.

Sebagai salahsatu perusahaan internet terbesar di dunia, masuknya JD ke Indonesia tentunya tidak bisa dipandang sebelah mata. JD yang juga dikenal sebagai Jingdong Mall merupakan salah satu perusahaan internet terkuat di dunia. Tahun lalu perusahaan ini memiliki 62 ribu lebih karyawan dan membukukan pendapatan sebesar $18,5 milyar.

Dikutip dari akun Facebook dan Twitter resminya, JD Indonesia tengah menyiapkan sejumlah standar layanan berkelas, seperti pengiriman cepat, layanan bayar di tempat atau COD, program pengembalian uang 100%, dan lain sebagainya.

Baca juga: Wah, Ternyata Facebook iOS Membuat Baterai iPhone Boros

Kehadiran JD di Indonesia memang patut ditunggu, karena model bisnis mereka yang Bussines to Consument (B2C), yang seharusnya dapat mengontrol segala aktivitas untuk memberikan pelayanan maksimal bagi konsumen. Kehadiran JD Indonesia tentu saja akan menjadi pesaing ketat bagi pelaku e-Commerce maupun Marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli dan lainnya yang sudah lebih dulu hadir di Indonesia.

Saat ini pasar e-Commerce di Indonesia tumbuh dan berkembang sangat pesat karena ditunjang dengan kemajuan teknologi, semakin meratanya pemakaian Internet dan tentu saja jumlah penduduk yang terus meningkat.

Menurut Badan Pusat Statistik Indonesia, jumlah penduduk di Indonesia sebanyak 225 juta jiwa di tahun ini dan akan mengalami peningkatan sekitar 305 juta jiwa pada tahun 2035. Apalagi Indonesia sebagai negara maritim, penduduknya  memiliki masalah ketika ingin berbelanja di lain pulau karena hingga saat ini sektor tersebut masih terfokus di Pulau Jawa sehingga membutuhkan biaya yang cukup besar. Maka tak heran jika pilihan belanja online menjadi solusi mudah, murah dan cepat untuk mengatasi keterbatasan tersebut.

 

Baca juga artikel

7 Fitur Terbaru yang ada Pada HTC One A9

ZTE Nubia Z9 Max Elite dan ZTE Nubia Z9 Mini Elite Dirilis Akhir Oktober

Main Game Smartphone Makin Asik dengan Satechi Gamepad Wireless

Artikel Lainnya

Komentar