Jawab Kritikan, Apple Bakal Rilis iPhone Layar OLED Fleksibel tahun 2018?

Oleh Muhammad Kamaluddin on Kamis, 22 Okt 2015 | 15:53

Sebagai sebuah perusahaan besar yang bergerak di bidang teknologi, kualitas dari produk Apple tentu tak perlu diragukan lagi. Dicap sebagai brand premium dengan produk-produk mewahnya, Apple memang senantiasa menjaga kualitas perangkat besutannya, termasuk smartphone andalannya, iPhone.

Hanya saja beberapa tahun belakangan ini perusahaan yang bermarkas di Amerika Serikat ini terus mendapat tekanan dan kritikan dari berbagai pihak. Menurut sejumlah analis yang mengamati perkembangan smartphone besutan Apple ini, menilai desain yang diusungnya nampak terlalu konvensional untuk ukuran produk premium. Apalagi dalam perkembangannya, produk iPhone dari generasi ke generasi nyaris tak menunjukkan perubahan konsep desain secara mencolok.

Para pengamat menuturkan bahwa Apple harus mengikuti trend pasar agar dapat lebih maju. Nah, terkait hal ini, Apple nampaknya ingin segera menjawab kritikan yang belakangan ini dilayangkan kepada mereka.

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Apple iPhone 6s Plus Layak Dibeli

Menurut rumor yang beredar, Apple dikabarkan tengah mempersiapkan konsep iPhone dengan transisi desain yang signifikan. Apple bakal menyematkan layar OLED fleksibel untuk perangkat iPhone dan iPad generasi selanjutnya. Meski pihak Apple belum memberikan keterangan resmi terkait hal ini, namun isu yang beredar saat ini mengatakan bahwa Apple akan mulai menggarap proyek besar ini dan produknya akan mulai dirilis tahun 2018 mendatang.

Langkah ini dinilai sangat tepat, pasalnya dua kompetitornya di pasar gadget yakni Samsung dan LG telah terlebih dulu menggunakan teknologi layar canggih ini. Keduanya bahkan sudah mulai menggunakan layar OLED fleksibel sejak tahun 2013 silam. Jadi sah-sah saja jika publik sangat menanti-nantikan gebrakan Apple yang satu ini.

Terkait rumor ini, sebuah sumber dari Korea Selatan mengungkapkan bahwa pihak Apple kemungkinan besar akan segera menggarap iPhone baru dengan layar fleksibel berteknologi OLED ini dalam waktu dekat. Bahkan, sumber yang sama juga menyebutkan bahwa pihak Apple sudah menunjuk salah satu perusahaan penyedia layar fleksibel dan saat ini tengah dalam tahap pengerjaan untuk melakukan peningkatan kapasitas produksi layar OLED fleksibel. Hal ini kabarnya dilakukan sebagai langkah antisipasi terhadap kemungkinan permintaan pasar yang besar nantinya.

Penggunaan layar OLED fleksibel inipun disebut-sebut sebagai salah satu upaya Apple untuk mengatasi berbagai masalah pada sektor display. Misalnya adanya titik lemah pada saturasi warna, akurasi, serta untuk meningkatkan kecerahan layar. Namun demikian, sekali lagi kabar ini masih sebatas rumor dan belum ada konfirmasi resmi dari pihak Apple. Untuk itu mari kita nantikan bersama kelanjutan dari rumor ini.

 

Baca juga artikel

Ternyata Kamera iPhone 6s Bukanlah yang Terbaik

iPhone 6 Seharga Rp. 47 Milyar, Mau Beli?

Perbandingan Rekaman Video 4K, iPhone 6s vs Nikon d750

Artikel Lainnya

Komentar

PomadeMan 22 Oktober 2015 - 17:45
jadi kaya penggaris fleksibel ya :D