Wah, Ternyata Facebook iOS Membuat Baterai iPhone Boros

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 22 Okt 2015 | 15:55

Jika kamu menggunakan Facebook versi iOS dan penasaran mengapa baterai perangkatmu kini terasa lebih cepat habis, mungkin saja itu berasal dari aplikasi Facebook tersebut. Apalagi bila kamu pengguna media sosial yang obsessive, sering posting foto, atau sering komen dipostingan orang lain. Hal inilah yang menyebabkan baterai perangkat iOS-mu terkuras habis.

Facebook sendiri telah menjanjikan untuk segera mengatasi masalah boros baterai yang ada dalam Facebook iOS. Dalam penyelidikan lebih lanjut, beberapa rumor mulai terkuak yang menjadi penyebab borosnya baterai kala menggunakan Facebook iOS. Salah satu penyebab yang berkembang ialah background audio. Menurut laporan dari MacStories, Facebook iOS menghadirkan level tinggi penggunaan background audio meski aplikasi dalam kondisi off.

Menurut Federico Vitici dari MacStories, Facebook telah membajak audio di iOS. Meski kondisi aplikasi off, namun saat kamu masih terkoneksi dengan internet maka video player dalam facebook tetap berjalan. Kamu tidak akan mengetahui video yang diputar karena memang audio mati. Ini disebabkan dengan hadirnya auto play pada video di Facebook. Ini artinya, borosnya baterai disebabkan dari audio yang tidak terdengar, sementara aplikasi Facebook terus berjalan dalam proses background.

Baca juga: Jawab Kritikan, Apple Bakal Rilis iPhone Layar OLED Fleksibel tahun 2018?

Seperti yang diketahui, Facebook sama seperti aplikasi mobile lainnya. Aplikasi ini memiliki proses yang terus bekerja meski kondisi off atau tidak digunakan. Proses dalam background ini biasanya untuk menjaga informasi tetap up date saat kamu membuka aplikasi Facebook. Salah satu proses memaksa perangkat untuk terkoneksi dengan GPS untuk melacak lokasi kamu berada meski aplikasi Facebook sedang tidak digunakan.

Tak hanya itu, ada juga pengembang yang mengklaim borosnya Facebook versi iOS disebabkan rusaknya fitur lokasi dan share.

Facebook terus berusahan mengatasi masalah ini dan berharap segera bisa ditemukan penyebabnya dalam waktu dekat. Sementara menunggu update terbaru Facebook iOS untuk menyelesaikan masalah ini. Kamu bisa mencoba untuk mematikan fitur share lokasi di Facebook. Tak hanya itu, kamu juga bisa mematikan fitur video auto-play. Caranya masuk ke settings di Facebook. Selamat mencoba!

 

Baca juga artikel

5 Alasan Kenapa Apple iPhone 6s Plus Layak Dibeli

Ternyata Kamera iPhone 6s Bukanlah yang Terbaik

iPhone 6 Seharga Rp. 47 Milyar, Mau Beli?

Artikel Lainnya

Komentar