Qualcomm Snapdragon 830 Siap Meluncur Tahun 2017, Benarkah?

Qualcomm Snapdragon 830 Siap Meluncur Tahun 2017, Benarkah?

Oleh Muhammad Kamaluddin on Selasa, 20 Okt 2015 | 14:14

Qualcomm menjadi salah satu perusahaan pengembang teknologi yang dikenal cukup rajin dalam meluncurkan produk-produk barunya. Belum lama ini brand yang dikenal dengan chipset Snapdragonnya ini kembali dikabarkan tengah dalam proses menyempurnakan produk baru yang konon siap di luncurkan tahun 2017 mendatang. Benarkah?

Yap berbagai media internasional memang tengah senter memberitakan mengenai hal ini. Qualcomm dikabarkan tengah mematangkan proyek chipset barunya yang nantinya akan dikenal dengan nama Qualcomm Snapdragon 830.

Kabar ini tentunya cukup mengejutkan bagi banyak kalangan. Pasalnya, belum lama ini Qualcomm menjadi perbincangan hangat dengan kabar bakal segera rilisnya chipset Qualcomm Snapdragon 820 yang rencananya akan diluncurkan akhir tahun 2015 ini dan akan mulai digunakan untuk smartphone Android tahun 2016 mendatang atau tahun depan.

Namun demikian, belum juga chipset anyar garapan Qualcomm ini resmi diperkenalkan ke publik, pihak perusahaan sudah gencar dihubung-hubungkan dengan produk baru yang bakal menjadi generasi penerus dari Qualcomm Snapdragon 820, yakni Qualcomm Snapdragon 830. Sebagaimana dikutip dari WCCF tech bahwa SoC flagship Qualcomm Snapdragon 830 akan dihadirkan pada tahun 2017 mendatang.

Baca juga: 5 Smartphone Keren dengan Chipset Qualcomm Snapdragon 808

Di Tiongkok, tersiar kabar bahwa chipset ini nantinya akan berseri MSM8998 serta akan dibekali dengan fabrikasi 10nm. Tidak hanya itu, Qualcomm Snapdragon 830 juga diprediksi bakal membawa banyak fitur baru sebagai pengembangan lebih lanjut dari fitur-fitur pada generasi sebelumnya, Snapdragon 820. Dengan demikian hampir bisa dipastikan bahwa Qualcomm Snapdragon 830 akan menghadirkan peforma yang lebih baik dari pendahulunya, Snapdragon 820.

Nah, sekadar gambaran awal mengenai chipset baru ini, Qualcomm Snapdragon 820 yang siap menyapa publik tahun 2015 ini tersedia dalam dua varian. Varian pertama adalah adalah chipset dengan tipe 14nm LPE yang siap diluncurkan akhir tahun ini. Sedangkan, varian kedua bertipe 10nm LPP yang kabarnya akan dirilis pada kuartal dua tahun 2016 mendatang.

Hanya saja untuk detail spesifikasi dari Qualcomm Snapdragon 820 maupun Snapdragon 830 saat ini, seperti prosesor yang bakal disandingkan, chip grafis atau GPU yang akan dibenamkan, serta beberapa hal lain termasuk fitur-fiturnya masih belum banyak dibongkar oleh pihak pengembang. Namun demikian, jika menilik pada generasi-generasi sebelumnya, chipset Qualcolomm cukup bisa diandalkan dan memang telah telah terbukti mampu menghadirkan peforma yang ciamik.

Untuk itu, marilah kita tunggu saja apa sajakah fitur-fitur menarik yang akan dibawa oleh Chipset Qualcomm Snapdragon 820 serta Snapdragon 830 dalam beberapa waktu kedepan.

 

Baca juga artikel

Qualcomm Quick Charge 3.0, Dampingi Peluncuran Snapdragon 430 dan 617

Begini Kata Qualcomm Soal Snapdragon 810 yang Kerap Overheat

Ponsel-ponsel Populer Tanpa Chipset Qualcomm dan MediaTek

Artikel Lainnya

Komentar