Apple Naikkan Harga Aplikasi di Apple App Store Indonesia

Apple Naikkan Harga Aplikasi di Apple App Store Indonesia

Oleh Muhammad Kamaluddin on Jumat, 16 Okt 2015 | 11:05

Bagi kamu pengguna perangkat besutan Apple, bersiap-siaplah untuk mengeluarkan budget lebih dalam membeli aplikasi dan game di Apple App Store. Pasalnya pihak Apple telah mengeluarkan pengumuman resmi perihal kebijakan kenaikan harga sejumlah aplikasi dan game untuk perangkat iPhone, iPad, iPod, serta Apple Watch yang tersedia di Apple App Store. Kenaikan harga aplikasi Apple ini mulai diberlakukan minggu ini.

Kebijakan Apple dalam menaikkan harga aplikasi dan game di App Store ini tidak lepas dari adanya pengaruh fluktuasi nilai tukar mata uang lokal di beberapa negara terhadap mata uang dollar Amerika Serikat. Dalam pengumuman resminya, pihak Apple menyebutkan bahwa ada tiga negara yang akan mengalami penyesuaian harga, salah satunya adalah Indonesia. Sedangkan dua negara lain yang juga akan mengalami penyesuaian harga aplikasi adalah Australia dan Swedia, seperti dikutip dari 9to5mac.com.

Baca juga: Apple Siapkan iRing, Cincin Pintar dengan Beragam Fitur Keren

Mengenai besaran kenaikan harganya, pihak Apple diberitakan bakal menaikkan sekitar 15% dari harga lokal sebelumnya. Dengan demikian, jika sebuah aplikasi sebelumnya dibandrol dengan harga USD 0.99 atau setara dengan Rp 12.000, maka kini akan naik sekitar 3 ribu rupiah, atau menjadi Rp 15.000.

Sementara itu, kebijakan kenaikan harga aplikasi dan game Apple ini kabarnya juga akan diberlakukan pada fitur-fitur berlangganan yang terdapat dalam sejumlah aplikasi atau in-purchase. Namun demikian, belum ada keterangan pasti mengenai apakah aplikasi pada Tier A dan Tier B yang masing-masing dibandrol dengan harga Rp 3.000 dan Rp 5.000 akan ikut di naikkan atau tidak.

Berkenaan dengan hal ini, pihak Apple akan mengirimkan email yang berisi pemberitahuan kepada para pelanggan aplikasi in – purchase mengenai kebijakan penaikan harga aplikasi ini. Dalam email tersebut akan disertakan tombol untuk berhenti berlangganan apabila pengguna merasa keberatan dengan harga baru yang ditawarkan. Pihak Apple juga akan menyampaikan kepada pengguna yang tetap ingin berlangganan untuk melakukan aktifasi berlangganan ulang ulang dengan biaya baru.

Meskipun kebijakan Apple mengenai kenaikan aplikasi dan game yang tersedia di Apple APP Store telah resmi dikeluarkan, namun masih ada kesimpang siuran apakah kebijakan ini hanya akan di terapkan pada App Store saja atau diterapkan secara keseluruhan, termasuk pada iTunes. Jika kebijakan ini juga berlaku untuk iTunes, maka secara otomatis harga lagu, album, dan biaya berlangganan Apple Music juga akan mengalami penyesuaian harga layaknya harga aplikasi di App Store.

 

Baca juga artikel

Apple Content Blocker Ternyata Menghemat Waktu dan Uang

iPhone 6s dan iPhone 6s Plus Direndam Dalam Air, Apa Jadinya?

Tips iOS 9: Cara Setting iPhone Sebagai Wifi Hotspot Dalam 1 Menit

Artikel Lainnya

Komentar

othe 17 Oktober 2015 - 19:09
tiru meniru dan modifikasi....samsung menang..